Peningkatan konsumsi ikan harus dimulai dari keluarga

id konsumsi ikan,tp pkk gumas,Peningkatan konsumsi ikan harus dimulai dari keluarga

Peningkatan konsumsi ikan harus dimulai dari keluarga

Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong (dua dari kiri) dan lainnya saat melihat jalannya LMSI tingkat Kabupaten Gunung Mas 2019, di GPU Tampung Penyang, Kamis (8/8/2019). (Foto : Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengatakan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat harus dimulai dari keluarga.

Itu artinya, peran ibu sangat besar dan diharapkan dapat membangun kesadaran gizi anak-anak, ucap Mimie saat membuka Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Kabupaten Gunung Mas, di Kuala Kurun, Kamis.

“Itu semua pada dasarnya bertujuan agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, karena ikan dapat meningkatkan fungsi otak untuk kecerdasan, khususnya bagi anak-anak pada usia sekolah,” bebernya.

Baca juga: Pelajar Gumas diminta tidak sia-siakan kesempatan jadi paskibaraka

Menurut dia, upaya peningkatan konsumsi ikan nasional tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah, namun juga menjadi tugas seluruh pihak, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dalam rangka gerakan memasyarakatkan makan ikan, Dinas Perikanan dan TP PKK Kabupaten Gumas menyelenggarakan LMSI tingkat Kabupaten Gumas, setiap tahunnya. Ini bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di keluarga dan masyarakat.

“Selain itu, lomba masak serba ikan yang kami selenggarakan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan krativitas masyarakat khususnya para ibu, dalam mengolah menu keluarga berbahan baku ikan,” papar Mimie.

Baca juga: Persiapan penetapan DPRD Gumas periode 2019-2024

TP PKK kecamatan sebagai peserta lomba diharapkan dapat mengembangkan dan mensosialisasikan semua masakan hasil lomba, mentransformasikan seluruh menu menjadi berbagai hal yang bernilai ekonomi, serta mendorong budaya memasak ikan di keluarga.

Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan variasi olahan ikan yang lebih beragam kepada masyarakat, sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai menu keluarga sehari-hari.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gumas Trinayati menerangkan sebagai juara I LMSI tingkat Kabupaten Gumas 2019 adalah TP PKK Kecamatan Tewah, juara II TP PKK Kecamatan Kahayan Hulu Utara, dan juara III TP PKK Kecamatan Kurun.

“Juara harapan I adalah TP PKK Mihing Raya, juara harapan II TP PKK Kecamatan Manuhing, dan juara harapan III TP PKK Kecamatan Manuhing Raya. Untuk juara favorit adalah TP PKK Kecamatan Damang Batu,” demikian Trinayati.

Baca juga: Hakim MK sebut permohonan caleg PAN Gunung Mas salah objek
Baca juga: Mengukur kesiapan Kalteng menjadi calon Ibu Kota baru
Baca juga: Harga tanah di Gunung Mas mulai naik empat kali lipat