Seruyan memerlukan perusda untuk tingkatkan PAD

id Dprd seruyan, kuala pembuang, perusda, zuly eko prasetyo, legislatif, legislator, seruyan, pad, teluk segintung

Anggota DPRD Seruyan Zuly Eko Prasetyo (tengah) dan Wakil Ketua Sementara Harsandi (kanan) di ruang kerjanya di Kuala Pembuang, Senin, (9/9/2019). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong pembentukan perusahaan daerah (perusda) guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami mendukung jika di Seruyan nantinya bisa didirikan perusda," kata Anggota DPRD Seruyan Zuly Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Senin.

Ada sekitar 34 perusahan sawit di Seruyan, sehingga banyak peluang kegiatan yang bisa dikelola perusda. Untuk itulah pembentukannya harus segera dilakukan oleh pemerintah kabupaten.

Jika bisa direalisasikan, maka dampak positif yang didapat selain peningkatan PAD, juga sebagai sarana untuk menyejahterakan masyarakat.

"DPRD mendorong dan mendukung pemerintah kabupaten mendirikan perusda, mengingat banyak manfaat akan yang didapat daerah," jelasnya.

Lebih lanjut Eko memaparkan, apabila terbentuk, perusda diharapkan bisa bergerak pada berbagai sektor, khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam dan lainnya.

Salah satu contohnya pada sektor pertanian, jika bisa dikelola oleh perusda tentu akan mempermudah para petani dalam proses pemasaran dan menjamin kestabilan harga.

Juga sebagai persiapan jangka panjang apabila Pelabuhan Teluk Segintung bisa operasional dan bisa dikelola oleh perusda.

"Kalau dikelola perusda pasti PAD Seruyan akan lebih meningkat dibandingkan dikelola pihak ketiga," tegasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar