Hujan diharapkan mampu kurangi titik panas dan titik api di Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, hujan, titik panas, titik api, karhutla, kebakaran hutan, kebakaran lahan, bpbd,Bpbd, bmkg

Hujan diharapkan mampu kurangi titik panas dan titik api di Seruyan

Seorang anak di Kuala Pembuang menikmati hujan yang sempat turun. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Agung Sulistiyono mengaku sangat bersyukur telah terjadi hujan di Kuala Pembuang.

"Dengan adanya hujan pada Jumat (27/9), kami harapkan bisa mengurangi titik panas maupun titik api di wilayah Seruyan," katanya saat dihubungi dari Kuala Pembuang, Sabtu.

Pihaknya pun berharap hujan terjadi secara merata, baik di wilayah Seruyan maupun Kalteng. Dengan harapan, bisa mengurangi dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi seperti kabut asap.

Saat ini seluruh petugas yang tergabung dalam tim gabungan, baik dari BPBD, TNI, Polri dan lainnya terus siaga dan berupaya secara maksimal menanggulangi karhutla.

Diketahui bersama, karhutla menyebabkan banyak kerugian bagi daerah maupun masyarakat, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan hingga perekonomian daerah.

Kesadaran dan partisipasi semua pihak pun sangat diharapkan, untuk peduli dan terlibat dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan karhutla.