Kemah Eksekutif promosikan potensi pariwisata Arut Utara

id Kemah Eksekutif promosikan potensi pariwisata Arut Utara,Kobar,Kotawaringin Barat,Pariwisata,Wakil Bupati,Ahmadi Riansyah

Kemah Eksekutif promosikan potensi pariwisata Arut Utara

Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah didampingi anggota Komisi A DPRD Kotawaringin Barat Alman Riansyah saat makan siang di kawasan hutan Desa Gandis Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (30/9/2019). ANTARA/Hendri Gunawan

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah berencana menggelar Kemah Eksekutif di sebuah kawasan hutan yang ada di Kecamatan Arut Utara, sekaligus mempromosikan potensi wisata di kawasan itu.

"Sembari mencari sebuah gagasan, wacana baru yang sifatnya inovatif, kemudian terobosan-terobosan yang mengarah terhadap pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat, khususnya di wilayah Kecamatan Arut Utara," ucap Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah di Pangkalan Bun, Selasa.

Kemah Eksekutif tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menggali potensi destinasi wisata baru berbasis hutan alam maupun hutan adat yang ada di wilayah Kecamatan Arut Utara.

Pemerintah daerah ingin mengenalkan wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat yang berada di Kecamatan Arut Utara dengan harapan muncul sebuah gagasan keinginan untuk membangun kecamatan yang merupakan wilayah paling barat di kabupaten itu.

"Selain itu, untuk memunculkan kesadaran untuk menjaga lingkungan, hutan, sungai serta adat istiadat yang bisa menjadi sebuah potensi luar biasa di sektor pariwisata," ucapnya.

Kemah Eksekutif tersebut sekaligus sebagai forum silaturahmi para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat. Ini sekaligus menggambarkan pesan kebersamaan seluruh pemangku kepentingan yang ada, baik itu eksekutif, legislatif, yudikatif, investor dan tokoh adat masyarakat yang ada di Kotawaringin Barat.

Kemah Eksekutif diharapkan dapat memunculkan rasa memiliki serta memunculkan kepedulian untuk menjaga hutan, sekaligus menyiapkan regulasi-regulasi dalam rangka mengamankan wilayah-wilayah hutan adat, hutan rakyat maupun hutan produksi yang ada di Kecamatan Arut Utara.

Sementara itu, Sekretaris Camat Arut Utara Nasir menuturkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan dan mencarikan lokasi hutan yang pas untuk menggelar Kemah Eksekutif tersebut.

"Ada beberapa desa yang akan kami sarankan dalam rapat pemantapan kemah eksekutif nanti, yang mana desa-desa tersebut memiliki hutan rindang serta pohon-pohon khas Kalimantan seperti pohon ulin serta kawasannya berbukit," ucap Nasir.

Selain menginap di dalam hutan, para peserta juga akan diajak menjelajahi alam hutan dan menaiki perbukitan yang ada di Kecamatan Arut Utara dengan menggunakan motor trail.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar