Legislator apresiasi kinerja TNI menjaga keamanan teritorial

id Legislator apresiasi kinerja TNI menjaga keamanan teritorial,DPRD Palangka Raya,TNI,HUT TNI

Legislator apresiasi kinerja TNI menjaga keamanan teritorial

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Riduanto, Kamis (3/10/2019). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Riduanto mengapresiasi kinerja Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjaga keamanan teritorial, baik di laut, udara dan darat.

"Kinerja TNI kita selama ini sudah sangat profesional dalam menjalankan tugasnya mengamankan negara serta perbatasan wilayah agar tidak bergeser sejengkalpun," kata Riduanto di Palangka Raya, Kamis.

Anggota Komisi C yang membidangi kesejahteraan masyarakat tersebut mengatakan, semoga dengan momen HUT ke-74 yang jatuh pada 5 Oktober ini, TNI terus menjadi kebanggaan bangsa serta masyarakat dalam berbuat segala bidang.

Tugas TNI saat ini tidak hanya menjaga kewilayahan, melainkan juga ikut mendukung Polri, baik dari bidang pengamanan kota serta menjaga ketenteraman di desa/kelurahan di daerah setempat melalui seorang anggota Babinsa yang ditugaskan oleh Kodim yang berada di wilayah masing-masing.

"Semoga dengan hari jadinya TNI ke-74 tahun, mereka selalu memberikan hal-hal yang terbaik untuk daerah maupun kepentingan negara kita. Sukses dan jaya selalu TNI kebanggaan kita," ucap Riduanto.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan, TNI memiliki peran yang strategis di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga tidak terpisahkan dari berbagai sisi kehidupan.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Wali Kota Palangka Raya itu meminta, TNI harus gencar melaksanakan peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional serta wawasan pengalaman nilai-nilai Pancasila terutama di kalangan generasi muda.

"Hanya saja upaya tersebut juga harus didukung keterlibatan pihak terkait lainnya, sehingga daerah kita semakin maju dan tahan terhadap berbagai ancaman serta tantangan di masa depan," ungkapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengingatkan agar seluruh komponen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia juga mengharapkan agar seluruh komponen bangsa untuk saling menghargai, menghormati dan menyadari perbedaan serta menjadikan kekuatan, bahu-membahu dalam pembangunan.