Pemkot Palangka Raya minta UMKM semakin kreatif pasarkan produk

id UMKM,Pemkot Palangka Raya,Pemkot Palangka Raya minta UMKM semakin kreatif pasarkan produk

Pemkot Palangka Raya minta UMKM semakin kreatif pasarkan produk

Kepala Diskop-UKM Kota Palangka Raya, Afendie

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah Kota Palangka Raya Afendie meminta pelaku UMKM semakin kreatif dan memanfaatkan media daring atau media "online" untuk memperluas pemasaran produknya.

"Sekarang kita harus ikut melakukan pemasaran secara 'online'. Dengan pemasaran secara 'online' maka pemasaran produk terus berkembang dan lebih luas," kata Afendie di Palangka Raya, Senin.

Afendie mengatakan, pelaku UMKM selain harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk juga harus menguasai teknologi dan mengikuti perkembangan zaman.

Terlebih lagi, saat ini media pemasaran berbagai produk dari jual beli langsung mulai bergeser ke arah jual beli menggunakan teknologi.

Jangkauan teknologi informasi yang tak terbatas waktu dan tempat akan membuat pemasaran produk UMKM tak hanya berlaku lokal daerah tetapi juga mampu menembus pasar nasional.

Sehingga, menurut dia, pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang canggih melalui media sosial maupun internet saat ini jauh lebih efektif ketimbang cara pemasaran secara tradisional.

"Bagaimanapun jaringan internet dan media sosial memiliki jangkauan lebih luas dan tepat sasaran. Untuk itu selalu manfaatkan media sosial yang ada untuk melakukan pemasaran produk," katanya.

Di sisi lain dia mengatakan bahwa, saat ini banyak jenis produk UMKM hasil produksi masyarakat di Kota Palangka Raya telah tembus toko ritel moderen.

Namun demikian, terkait kuantitas produksi masih harus terus ditingkatkan karena produk UMKM itu belum mampu memenuhi permintaan untuk seluruh gerai toko retail modern.

"Kami terus mendorong para pelaku UMKM pun untuk terus berkreasi dan berinovasi dan meningkatkan kualtias dan daya saing produk. Selain sosialisasi dan pelatihan kami juga terus melakukan pembinaan," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar