Polres Banjarmasin klaim selamatkan 41.850 jiwa dari penyalahgunaan narkoba

id Polres Banjarmasin,banjarmasin,penyalahgunaan narkoba,narkoba,sabu-sabu,klaim,Polres Banjarmasin klaim selamatkan 41.850 jiwa dari penyalahgunaan nark

Polres Banjarmasin klaim selamatkan 41.850 jiwa dari penyalahgunaan narkoba

Barang bukti narkoba diduga jenis ganja sebanyak tiga kilogram saat diamankan petugas. (Ist)

Banjarmasin (ANTARA) - Pengungkapan kasus peredaran sabu-sabu seberat 2,7 kg yang dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin membuat 41.850 jiwa terselamatkan dari penyalahgunaan barang haram tersebut.

"Alhamdulillah, kami bisa mengungkap kasus ini dan bisa menyelamatkan sedikit 41.850 jiwa atau orang dari penyalahgunaan narkoba," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengatakan, kasus termasuk pengungkapan besar kasus narkotika untuk wilayah Banjarmasin hingga dua kilogram lebih dan pengungkapan ini perlu penyelidikan yang super hati-hati agar target tidak mengetahui.

Baca juga: Polisi tetapkan terangka sopir cabuli tetangganya sendiri

Pengungkapan kasus dan menangkap tersangkanya yang masih berstatus mahasiswa itu dipimpin langsung oleh Kasat Reserse Narkoba Kompol Wahyu Hidayat Sik dan Kanit 2 Idik Ipda Pol Jody Dharma berserta anggota unitnya.

"Kasus ini akan terus kami dalami untuk mengetahui dari mana asal barang haram tersebut didapatkan dan kemungkinan tersangka juga masuk dalam sebuah jaringan lingkaran hitam narkoba," kata Kapolresta didampingi Kasat Reserse Narkoba Kompol Wahyu Hidayat kepada sejumlah awak media. Sementara itu Kompol Wahyu Hidayat juga menambahkan untuk pelaku diketahui bernama Aprisko Ferdy Surya alias Aprisko (23) berstatus mahasiswa, warga Jalan Mangga 3 Komplek Arrahim Kelurahan. Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Penangkapan terhadap tersangka dilakukan pada Rabu (9/10), sekitar pukul 02.30 WITA, saat berada di Jalan Mahat Kasan Komplek Kenaungan Jaya II Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Baca juga: Polisi tetapkan terangka sopir cabuli tetangganya sendiri

Barang bukti yang berhasil disita petugas saat penangkapan berupa dua paket sabu-sabu dengan berat bruto 2,7 kg, dua lembar kantong plastik bercorak bendera sebuah negara, dua lembar kantongan plastik warna merah, serta lainnya.

Kompol Wahyu mengatakan, kronologis mengungkapan kasus narkoba itu berawal dari Informasi masyarakat yang kemudian ditindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan serta pemantauan.

Penyelidikan dilakukan Unit 2 Idik Satresnarkoba Polresta Banjarmasin yang kemudian terpantau tersangka datang ke ketempat kejadian dan diduga keras akan melakukan transaksi narkoba.

Baca juga: Parah! Seorang sopir di Kalsel cabuli tetangganya sendiri hingga berkali-kali

Kemudian saat hendak bertransaksi langsung dilakukan penangkapan terhadap tersangka dan kemudian ditemukan barang bukti sabu-sabu seberat 2,7 kg.

Atas kejadian itu, tersangka dan barang bukti langsung dibawa ke Mako Polresta Banjarmasin guna menjalan proses penyidikan dan proses hukum.

Hasil pemeriksaan sementara, tersangka Aprisko dijerat Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika denngan ancaman hukumannya minimal lima tahun sampai dengan hukuman mati.

Baca juga: Warga Banjarmasin dihebohkan tas diduga berisi bom di depan Markas Brimob

Baca juga: Paman cabul keponakan sendiri di Kalsel resmi jadi tersangka

Baca juga: Lakukan aksi jambret, pelajar dan buruh di Banjarmasin ditetapkan tersangka

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar