Pimpinan dan anggota DPRD Kalteng ikuti orientasi di Kemendagri

id Kalimantan Tengah,Kalteng,DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kalteng,Ketua DPRD Kalteng,Wiyatno

Pimpinan dan anggota DPRD Kalteng ikuti orientasi di Kemendagri

Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 foto bersama di sela-sela kegiatan orientasi yang dilaksanakan Kemendagri di DKI Jakarta, Senin (28/10/2019). (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kalimantan Tengah periode 2019-2024 mengikuti orientasi yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri, sebagai upaya  meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap kapasitas dan kapabilitas sebagai wakil rakyat.

Orientasi dari tanggal 27 sampai 30 Oktober 2019 ini akan dipaparkan enam materi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi legislatif sekaligus penguatan kebangsaan, kata Ketua DPRD Kalteng Wiyatno saat dihubungi sejumlah wartawan dari Palangka Raya, Senin.

"Materi pertama terkait Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan wawasan kebangsaan. Dalam orientasi itulah ditegaskan semuanya sudah final dan tak bisa diganggu gugat," ucapnya.

Kemendagri melalui orientasi juga memberikan penguatan terhadap internalisasi integritas dan sistem pemerintahan Indonesia. Melalui materi ini, harapannya semua anggota DPRD, termasuk di Kalteng memiliki integritas dan pemahaman yang sama terhadap sistem pemerintahan Indonesia.

Selain itu, dalam orientasi itu juga akan diberikan penguatan terhadap pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah, hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, fungsi dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD.

"Pendalaman dan pemahaman yang sama terhadap hubungan kerja DPRD dengan Kepala Daerah memang sangat diperlukan. Dengan begitu, dalam menjalankan tugas, kami di DPRD Kalteng bisa sesuai ketentuan aturan, khususnya terkait hubungan dengan kepala kepala daerah," kata Wiyatno.

Baca juga: DPRD Kalteng dorong pemda gencar tebar bibit ikan ke sungai

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas itu, orientasi ini bukan hanya perlu tapi juga sangat penting. Sebab, melalui orientasi ini lah ada pemahaman yang sama seluruh anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024. Dengan begitu, dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsinya semakin kuat.

"Kami kan sedari awal dilantik memang sudah komitmen akan bekerja sepenuh hati, memberikan yang terbaik selaku wakil rakyat, sekaligus menjadi mitra eksekutif dalam memajukan pembangunan di Kalteng," demikian Wiyatno.

Dalam orientasi yang  itu, Ketua DPRD Kalteng didampingi para wakil-wakil ketua yakni Abdul Razak, Jimmy Carter, Faridawaty Darland Atjeh, serta seluruh pimpinan komisi-komisi dan anggota DPRD.

Baca juga: Penerapan PTSP harus konsisten dan sesuai aturan, kata DPRD Kalteng

Baca juga: DPRD bangga perwakilan Dayak dari Kalteng ada di Kabinet Indonesia Maju

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar