Legislator Kotim dorong pemkab berdayakan pemuda kembangkan ekonomi kreatif

id Legislator Kotim dorong pemkab berdayakan pemuda kembangkan ekonomi kreatif,DPRD Kotim,Sumpah pemuda,Riskon Fabiansyah,Sampit,Kotawaringin Timur,Kotim

Legislator Kotim dorong pemkab berdayakan pemuda kembangkan ekonomi kreatif

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah bersama Ketua KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah mendorong pemerintah kabupaten setempat mengoptimalkan pemberdayaan pemuda dalam pengembangan ekonomi kreatif.

"Kami mendorong pemerintah kabupaten agar memberikan ruang dan anggaran yang memadai dalam memfasilitasi kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif para pemuda, putra dan putri daerah sebagai bekal bagi mereka bersaing di era revolusi 4.0," kata Riskon di Sampit, Senin.

Politisi muda Partai Golkar yang juga pengusaha muda yang akrab disapa Eko Syailendra ini menilai potensi pemuda Kotawaringin Timur sangat besar dalam memajukan daerah ini. Dengan segala kemampuannya, kini pemuda terjun dan mengambil peran hampir di semua sektor.

Kini ada tren positif di bidang ekonomi Kotawaringin Timur. Saat ini berwirausaha menjadi sebuah kebanggaan bagi pemuda, ditandai dengan terus bermunculannya pelaku usaha seperti di bidang kuliner, pakaian, jasa transportasi dan lainnya.

Pengusaha muda memanfaatkan kemampuan mereka di bidang teknologi informasi dalam menunjang pengembangan usaha. Pelaku usaha muda seakan menjadikan era ini sebagai kebangkitan pemuda dalam sektor ekonomi.

Fenomena positif ini harus didukung semua pihak. Pemerintah kabupaten diharapkan mendukung pengembangan dan pemberdayaan pemuda dalam sektor usaha, khususnya ekonomi kreatif.

Banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan dukungan itu, mulai dari kemudahan perizinan usaha, peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan, dukungan permodalan, kebijakan penyerapan produk hasil pelaku usaha lokal, hingga membantu perluasan promosi dan lainnya.

"Saya yakin jika pemuda Kotawaringin Timur diberdayakan dan diberi ruang, kontribusi pemuda terhadap pembangunan dan perekonomian daerah ini semakin besar. Pemerintah kabupaten diharapkan membuat program-program yang tepat dalam membantu pemuda," harap Riskon.

Baca juga: Pemuda Kotim deklarasikan jaga NKRI dan sukseskan pilkada
Baca juga: Organisasi kepemudaan kurang diperhatikan, KNPI datangi DPRD Kotim


Sementara itu terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda, Riskon memotivasi seluruh pemuda untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Pemuda menjadi harapan besar penerus bangsa yang menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Secara khusus Riskon mengajak pemuda Kotawaringin Timur untuk menjaga kerukunan dan kedamaian daerah. Pemuda diimbau tidak mudah terpancing isu atau provokasi yang bisa memecah persatuan dan berpotensi memicu konflik.

"Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam mengawal implementasi dari ikrar sumpah pemuda, berbangsa, bertanah air dan berbahasa satu yaitu Indonesia yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kearifan lokal," demikian Riskon.

Baca juga: 51 klub sepak bola Kotim ramaikan KNPI Cup 2019

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar