Tutup musim 2019, Quartararo incar finis podium GP Valencia

id quartararo,gp valencia,motogp,pole position,musim terakhir 2019

Tutup musim 2019, Quartararo incar finis podium GP Valencia

Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo melaju saat sesi latihan MotoGP Valencia Grand Prix di Circuit Ricardo Tormo, Spanyol, Sabtu (16/11/2019). Quartararo berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:29.978 diikuti pembalap Honda Marc Marquez dan pembalap Ducati Jack Miller. ANTARA FOTO/REUTERS/Heino Kalis/aww.

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo memasang target finis podium di Grand Prix Valencia, pada Minggu, untuk mengakhiri tahun debutnya di MotoGP.

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT itu menguasai tiga latihan bebas di Sirkuit Ricardo Tormo dan menerjemahkan kecepatannya di sesi kualifikasi, Sabtu, untuk mengamankan pole position keenamnya musim ini, demikian laman resmi MotoGP.

Meski langganan menjadi yang tercepat di sesi latihan dan kualifikasi, pebalap asal Prancis itu belum pernah naik podium teratas musim ini. Rookie terbaik MotoGP 2019 itu nyaris finis pertama jika saja Marc Marquez tak menghalanginya di San Marino dan Thailand.

"Saya sangat senang dengan pole position ini tapi saya lebih senang lagi dengan apa yang kami kerjakan sepanjang hari ini karena kami membuat perbaikan besar dalam kecepatan yang menjadi tujuan utama kami," kata Quartararo.

"Kemarin saya sedikit khawatir karena saya tak merasa cukup bagus dan hari ini kami jauh lebih baik dan kami membuat time attack yang bagus sehingga kita lihat saja apakah kami bisa finis dengan hasil yang baik besok," katanya

Baca juga: Honda miliki tiga pilihan pebalap sebagai pengganti Lorenzo

Juara dunia tahun ini Marq Marquez (Repsol Honda) akan start dari P2 setelah catatan waktunya terpaut sangat tipis 0,032 dari Quartararo, sementara Jack Miller (Pramac Racing) melengkapi posisi start baris depan di P3, 0,108 detik lebih lambat dari Quartararo.

"Saya rasa kami punya kecepatan hari ini, tak seperti Marc dan Maverick, tapi kami punya itu," kata Quartararo.

"Banyak yang bilang kami sangat cepat di satu putaran, tapi itu sebenarnya poin kekuatan kami jadi harus bekerja lebih untuk kecepatan dan benar kami membuat langkah yang sangat baik dan saya sangat senang kami bisa membuat perbaikan ini."

"Tentunya akan luar biasa bisa mengakhiri musim ini di podium, kami semua bermimpi untuk finis di podium dengan cara yang baik, bagi tim itu juga akan bagus karena kami menjalani Jumat dan Sabtu dengan baik dan kami berharap bisa finis di sini di hari Minggu dengan baik.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat tim senang dan bangga atas pekerjaan yang telah mereka lakukan selama musim ini," kata Quartararo.

Valencia juga akan menjadi kesempatan terakhir bagi Quartararo, yang telah enam kali finis podium musim ini, untuk mengincar kemenangan pertamanya di kelas premier.

Dia saat ini juga memimpin klasemen pebalap tim independen dengan margin 23 poin dari saingan terdekatnya, Jack Miller dari tim Pramac Racing.

Baca juga: Andi Gilang wakil Indonesia di Moto2 tahun depan