'Ketupat Kuning' guna mewujudkan Kapuas bebas stunting

id Pemkab kapuas, kapuas, ben brahim, ketupat kuning, stunting, dinkes, dinas kesehatan

'Ketupat Kuning' guna mewujudkan Kapuas bebas stunting

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menempelkan secara simbolis stiker Ketuk Pintu Sehat Kurangi Stunting atau Ketupat Kuning pada mobil ambulance Dinas Kesehatan setempat di Kuala Kapuas, Minggu, (17/11/2019). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Guna menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, perlu dimiliki kerja sama yang solid antar lini, yakni seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Ini bukan hanya menjadi tugas Dinas Kesehatan. Jadi dalam hal ini, kami minta Dinas Kesehatan pro aktif berkoordinasi dengan OPD lainnya," kata Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di sela Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019 di Kuala Kapuas, Minggu.

Stunting atau gagal tumbuh, merupakan kondisi seorang anak mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek dibandingkan anak seusianya.

Pada kegiatan tersebut juga dirangkai dengan peluncuran program pemkab, yaitu Ketuk Pintu Sehat Kurangi Stunting atau Ketupat Kuning. Program itu sebagai aksi bersama menuju Kapuas bebas stunting, sekaligus peresmian Lapangan Tembak Parikesit.

Ben juga meminta kepada seluruh jajaran perangkat kesehatan, untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh dalam melayani serta memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi mengatakan, dengan adanya kerja sama yang baik pada setiap OPD, maka ragam masalah kesehatan diyakini akan teratasi dengan baik. 

Pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerjanya, agar semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi, termasuk menuntaskan masalah stunting.

"Layanan kesehatan bukan hanya sekedar pengobatan saja, tetapi yang diutamakan adalah pencegahannya," katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1011/KLK Bambang Kristianto Bawono, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kapuas yang sudah meresmikan Lapangan Tembak Parikesit.

"Kami harapkan dengan diresmikannya lapangan ini, menjadi sarana bagi masyarakat Kapuas baik dalam berolahraga maupun melaksanakan kegiatan lainnya," ucapnya.

Usai meresmikan program Ketupat Kuning dan lapangan tembak tersebut, Bupati Kapuas beserta jajaran berkeliling meninjau lokasi. Kemudian Ben Brahim berkesempatan mencoba menembak di lapangan yang baru ia resmikan tersebut. 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar