BPJS harapkan evaluasi rutin dapat mendongkrak capaian kader JKN

id bpjs kesehatan muara teweh,evaluasi rutin,kader jkn

BPJS harapkan evaluasi rutin dapat mendongkrak capaian kader JKN

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Muara Teweh Elly Damaiyanti melakukan pertemuan dengan kader JKN di ruang rapat BPJS Kesehatan Muara Teweh, Kamis (29/8/2019).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - BPJS Kesehatan Muara Teweh bersama dengan Kader JKN melaksanakan evaluasi rutin yang diharapkan akan mendongkrak capaian Kader JKN dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Muara Teweh Elly Damaiyanti di ruang rapat BPJS Kesehatan Muara Teweh, Kamis.

Kader JKN sendiri merupakan orang yang memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria tertentu dan direkrut oleh BPJS Kesehatan sebagai mitra untuk melakukan fungsi tertentu di suatu wilayah tertentu. 

Ada sejumlah fungsi yang diemban Kader JKN yaitu fungsi pengingat dan pengumpul iuran, fungsi pemasaran sosial, fungsi kepesertaan, dan fungsi pemberi informasi dan menerima keluhan.Selain itu, evaluasi tersebut sebagai wadah untuk tukar informasi berkaitan dengan regulasi terbaru. 

Dia menyebut evaluasi yang rutin dilakukan untuk mencari solusi atas kendala yang dihadapi kader JKN agar dapat secara optimal dalam bertugas. Dalam pengumpulan iuran misalnya, BPJS Kesehatan Muara Teweh bersama kader JKN telah melakukan berbagai terobosan.

“Untuk memudahkan tugas Kader JKN dalam penagihan iuran kita telah melaksanakan sosialisasi di kantor kecamatan dan kelurahan dengan bekerja sama dengan ketua RT dalam mengumpulkan peserta yang masih mempunyai tunggakkan iuran," kata Elly.

Ahmad, salah seorang Kader JKN BPJS Kesehatan Muara Teweh menceritakan kendalanya saat melaksanakan tugasnya di wilayah binaannya kecamatan Teweh Selatan.

“Kendala di lapangan seringkali nama dan alamat dari peserta yang menunggak tersebut susah untuk ditemukan, dengan adanya bantuan dari ketua RT di daerah yang bersangkutan tentu akan lebih mudah menemukan dan mengumpulkannya untuk diberikan pemahaman terkait hak dan kewajibannya. Dengan berbagai upaya ini kita akan terus bersemangat dalam menjalankan tugas dan mengedukasi peserta agar mau membayar iuran JKN-KIS nya," kata  Ahmad.

Hingga Agustus 2019, BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memiliki tiga orang Kader JKN  di Barito Utara yang masing-masing bertugas di Kecamatan Teweh Selatan,  Kelurahan Lanjas dan Kelurahan Melayu.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar