BBI Telaga Pulang menjadi pusat pengembangan benih lokal

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, bbi telaga pulang, balai benih ikan, benih ikan, lokal, air tawar, diskan, dinas perikanan,danau sembuluh

BBI Telaga Pulang menjadi pusat pengembangan benih lokal

Dok-Kegiatan penebaran benih atau 'restocking' ikan yang dilakukan Dinas Perikanan Seruyan di kawasan perairan Danau Papudak, Desa Cempaka Baru, Kecamatan Danau Sembuluh, Seruyan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Balai Benih Ikan (BBI) Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah saat ini mulai difungsikan sebagai pusat pengembangan benih ikan lokal.

"Adanya BBI Telaga Pulang, akan mempermudah para pembudidaya di Seruyan untuk memperoleh bibit ikan lokal yang berkualitas," kata Kepala Dinas Perikanan Seruyan Abu Hasan Asari di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, fungsionalnya BBI Telaga Pulang memang sudah lama dinantikan masyarakat setempat, sebab disana sangatlah membutuhkan benih ikan. Terlebih mayoritas masyarakat di wilayah setempat merupakan pembudidaya ikan.

Nantinya BBI akan memproduksi bibit ikan air tawar yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya jelawat. Bahkan juga akan dijadikan tempat proses pembenihan ikan pipih khas Seruyan.

"Meskipun belum bisa menargetkan waktu dimulainya produksi benih, semoga keberadaan BBI bisa memenuhi kebutuhan benih ikan di seluruh Seruyan," harapnya.

Saat ini, BBI Telaga Pulang masih melakukan pembenahan, seperti melengkapi sarana dan prasarana pembenihan, termasuk menyiapkan tenaga yang handal di bidang pembenihan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar