Penyempurnaan GOR Pulpis masih memerlukan dana hingga Rp8 miliar

id Pemkab pulpis, pulpis, pulang pisau, gor, pembangunan, dana, dispora, dinas pemuda dan olahraga, sarpras, sarana dan prasarana, olahraga, kemenpora

Penyempurnaan GOR Pulpis masih memerlukan dana hingga Rp8 miliar

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pulang Pisau Herto. (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Guna merealisasikan penyempurnaan pembangunan GOR yang terletak di belakang Stadion HM Sanusi di kawasan 'sport center' Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah masih memerlukan dana hingga Rp8 miliar.

"Ini untuk penyempurnaan bangunan GOR, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pulang Pisau Herto, Selasa.

Dijelaskannya, biaya pembangunan GOR tahun ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu sekitar Rp12 miliar, namun anggaran itu hanya cukup untuk pembangunan sampai pada kerangka bangunan.

Besarnya dana tersebut belum dikurangi anggaran untuk perencanaan dan pengawasan, sedangkan untuk kelanjutan penyelesaiannya dibebankan kepada pemerintah daerah.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat, kelanjutan pembangunan GOR dilakukan pada tahun 2020 dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp2,3 miliar.

"Kami perkirakan penyempurnaan GOR ini membutuhkan waktu selama 4 tahun dengan anggaran yang masih terbatas," jelasnya.

Herto menuturkan, dari hasil rapat koordinasi nasional bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), apabila pemerintah setempat bisa menyelesaikan pembangunan GOR, maka tahun berikutnya ada bantuan DAK yang diberikan untuk membantu penyediaan sarana dan prasarana olahraga lainnya.

Namun dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah untuk penyelesaian bangunan GOR tersebut, maka pihaknya tidak berani mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana lain agar bisa mendapatkan DAK tersebut.

"Sebab salah satu komitmen dalam rakornas, bantuan DAK diberikan jika pembangunan GOR bisa selesai secara keseluruhan," ungkap Herto.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menjadikan GOR itu sebagai penunjang beberapa cabang olahraga yang digelar di lapangan tertutup, diantaranya bola basket, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli dan futsal.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar