Belum banyak tahu apa itu Kantor Berita ANTARA?

id Kantor LKBN ANTARA,ANTARA Biro Kalteng,apa itu LKBN ANTARA,Kalteng, Palangka Raya

Belum banyak tahu apa itu Kantor Berita ANTARA?

Kantor LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah di Palangka Raya. (ANTARA/Ronny NT)

ANTARA didirikan 13 Desember 1937 oleh tokoh-tokoh pers waktu itu, yaitu A. M. Sipahoetar, R.M. Soemanang, Adam Malik, dan Pandoe Kartawiguna.
Palangka Raya (ANTARA) -
ANTARA didirikan 13 Desember 1937 oleh tokoh-tokoh pers waktu itu, yaitu  A. M. Sipahoetar, R.M. Soemanang, Adam Malik, dan Pandoe Kartawiguna.

Pada masa pendudukan Jepang, ANTARA merupakan bagian dari kantor berita Jepang Domei dan berita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 disebarluaskan ke seluruh dunia melalui kantor berita ini oleh pejuang yang bekerja di Domei.

Ketika ibu kota Republik Indonesia pindah dari Jakarta ke Yogyakarta, ANTARA juga pindah dan setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia pada 1949, ANTARA kembali ke Jakarta.  ANTARA tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa.

Pada awalnya ANTARA dikelola oleh yayasan, tetapi pada  tahun 1962 statusnya diubah menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional atau disingkat (LKBN)  ANTARA melalui keputusan Presiden RI No: 307.

Namun, sejalan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan memanfaatkan berbagai peluang bisnis menghadapi tantangan konvergensi media sekaligus untuk mengemban tugas mencerdaskan bangsa, maka Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi mengubah status LKBN ANTARA menjadi Perusahaan Umum (Perum) pada 18 Juli 2007 melalui PP 
tahun 2007.
Gedung Antara pada Tahun 1945, Jakarta. (Foto: ANTARA FOTO/ IPPHOS)

Status dan Pengurus

Status Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA kini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  karena seluruh modalnya dimiliki negara berupa kekayaan negara yang dipisahkan dan tidak terbagi atas saham karena diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2007.

Pengurus ANTARA sekarang berbentuk Direksi dan Dewan Pengawas. Direksi terdiri atas Direktur Utama, Direktur Pemberitaan, Direktur SDM dan Umum, Direktur Komersial dan IT,  dan Direktur Keuangan.

Pemerintah juga mengangkat anggota Dewan Pengawas yang terdiri atas Ketua dan tiga orang anggota.
 
 
 
LKBN ANTARA Sekarang

Bila sebelumnya ANTARA melakukan pengiriman berita dengan menggunakan pemancar dan buletin cetak,  pada 1976 diganti dengan menggunakan sistem teleteks dan kemudian menggunakan sistem komputerisasi. Mulai akhir tahun 90-an, pengiriman berita kepada 300 pelanggan menggunakan satelit/VSAT dan sejak tahun 2001 berita ANTARA dapat diakses melalui internet.

Di luar negeri, sejak tahun 2007 LKBN ANTARA mempunyai kantor biro di Kuala Lumpur,  Beijing dan London.

Kini ANTARA ini telah menghasilkan berbagai produk konten berita teks, foto dan video yang menyasar lebih dari 300 pelanggan media baik media cetak, media online, radio dan televisi. Guna memudahkan kerja kantor berita Indonesia tersebut dalam menghadapi era konvergensi media dan tantangan bisnis media yang kian mengglobal diharapkan dengan berbadan hukum Perum, LKBN ANTARA dapat mengembangkan berbagai lini bisnis berbasis konten, komunikasi, pengelolaan data dan pendidikan media. Sebagian berita untuk pasar media diformat untuk publik melalui portal publik www.antaranews.com.

Layanan

Pasar utama produk layanan ANTARA adalah media (business to businesss). Kini ANTARA sedang mendiversifikasi produk untuk publik, baik melalui portal berita www.antaranews.com maupun portal berita daerah dengan layanan produksi berita teks, foto dan multimedia sebagai bisnis inti.

Tentang Antara News Biro Kalimantan Tengah

Tidak banyak orang tahu kalau Gubernur Pertama Provinsi Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut, pernah tercatat sebagai wakil Pemerintah Pusat yang menulis dan mengirimkan berita ke Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA di Jakarta sekitar tahun 1962.

Tjilik Riwut tercatat sebagai "wartawan" ANTARA pertama di Provinsi Kalteng. Banyak informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui media milik bangsa ini. Berita pembangunan yang ketika itu sedang dilaksanakan justru menjadi informasi penting bagi masyarakat negeri ini. 
 
Gubernur Pertama Provinsi Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut (Istimewa)

Kesediaan orang nomor satu  di Provinsi Kalteng ketika itu menulis di ANTARA merupakan sebuah catatan sejarah tersendiri bagi bangsa dan masyarakat daerah yang dijuluki "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" tersebut.

LKBN ANTARA Kalteng ketika itu belum memiliki kantor dan koresponden. Gubernur Tjilik Riwut-lah yang selalu menulis dan mengirimkan berita kepada ANTARA di Jakarta. Berita hasil karyanya dikirim melalui pejabat daerah yang berangkat ke Jakarta ketika itu.

Menurut catatan sejarah, pimpinan ANTARA di Jakarta kemudian meminta Gubernur Tjilik Riwut membantu mencari tenaga koresponden untuk wilayah Kalteng. Gubernur menyambut gagasan itu dan berupaya memenuhi harapan tersebut.

Tjilik Riwut kemudian menunjuk Kepala Seksi Dokumentasi dan Laporan pada bagian politik Kantor Gubernur Kalteng, Timotheus Tenggel Suan yang akrab disapa T. T Suan sebagai koresponden ANTARA wilayah Kalteng yang berkedudukan di Palangka Raya.
 
Foto Dokumentsi ANTARA Kalteng : Timotheus Tenggel Suan yang akrab disapa T. T Suan sebagai koresponden ANTARA wilayah Kalteng (kiri).

Ketika itu, pengiriman berita yang ditulis T. T Suan tetap masih dititipkan pada setiap pejabat daerah yang bepergian ke Jakarta, di samping melalui telekomunikasi dimiliki Pemprov. Segala biaya pengiriman berita ANTARA ketika itu ditanggung pemerintah setempat.

Saat Wakil Menteri Bidang Penerangan mengadakan kunjungan ke Palangka Raya disertai sejumlah wartawan, termasuk Pandu Kartawigoena dari ANTARA, ikut mencari koresponden dan sekaligus menyerahkan kartu identitas ANTARA.

Perwakilan Definitif  pada 1967, usai Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, JF Nahan diangkat sebagai koresponden ANTARA definitif  untuk membantu TT Suan di wilayah Kalteng.

JF Nahan, putra asal Kalteng yang lahir di Banjarmasin pada 1938 dan berprofesi sebagai guru diangkat menjadi Kepala ANTARA Perwakilan Kalteng berkedudukan di Palangka Raya karena T T Suan memilih tetap sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ketika itu.
 
Foto Dokumentasi: ANTARA Kalteng

Pada 1974, Perwakilan ANTARA bersama PWI Cabang Kalteng berkantor di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kantor itu merupakan bantuan Pemda Kalteng status hak pakai. Ketika itu TT Suan sebagai koresponden ANTARA dan Wakil Ketua PWI Cabang dan Kabag Humas Pemda.

Kantor Perwakilan ANTARA Kalteng mendapat satu unit telex bagi kelancaran pengiriman berita, di samping satu unit sepeda motor untuk menunjang mobilitas kerja. Dengan sarana dan prasarana itu, mobilitas berita ANTARA berjalan maksimal dari Kalteng.

Pada 1980/1981, Kabag Humas Pemda Kalteng mengusulkan proyek pembangunan kantor ANTARA di Palangka Raya, dan pada 1983/1984 disetujui yang diawali pembelian sepetak tanah dan pembangunan gedung di Jalan RTA Milono Km 2,5 Palangka Raya.

Pembangunan kantor permanen yang sekaligus sebagai tempat tinggal Kepala Biro Kalteng itu selesai pada Mei 1986 di atas tanah seluas 600 meter persegi dengan bangunan sekitar 145 meter persegi.

Sekarang sudah beberapa kali dilakukan renovasi dan pada tahun 2016 dibangun rumah dinas di belakang kantor biro.
 
Foto Dokumentasi ANTARA Kalteng

Dalam perkembangannya, Kantor Perwakilan ANTARA Kalteng mengalami beberapa kali perubahan sebutan seperti Cabang Palangka Raya, Perwakilan Kalimantan Tengah dan terakhir berubah menjadi kantor Biro ANTARA Kalimantan Tengah.

Kini, kantor berita ANTARA Biro Kalimantan Tengah sudah meluncurkan website (portal) yang dikelola profesional sejak awal 2012 dengan nama  kalteng.antaranews.com. Sementara itu fasilitas media sosial untuk penyebaran berita yang lebih luas adalah: Twitter : @Antara_Kalteng, Halaman Antara Kalteng Facebook :Antara_Kalteng, Instagram : antarakalteng_official 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar