RSUD Tamiang Layang sedang dinilai KARS, kata Sekda Bartim

id kalimantan tengah,kalteng,Kabupaten Barito Timur,Bartim,RSUD Bartim,sekda bartim,eskop

RSUD Tamiang Layang sedang dinilai KARS, kata Sekda Bartim

Dari KARS Indonesia dipimpim Rasdiana Zega (kemeja hitam) melakukan survei penilaian akreditasi pada RSUD Tamiang Layang, Jumat. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Eskop mengakui Komite Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (KARS), sedang melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang.

Penilaian tersebut mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana serta tenaga medis hingga pelayanan yang diberikan RSUD Tamiang Layang kepada para pasien, kata Eskop di Tamiang Layang, Jumat.

"Dari hasil penilaian itulah pihak KARS melihat apakah RSUD Tamiang Layang sudah layak untuk dinaikkan akreditasinya," tambah dia.

Dikatakan, rumah sakit sebagai institusi pemberi pelayanan, terutama di bidang kesehatan memiliki tanggung jawab dan peranan yang panting dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Untuk itu, perlu ada pengakuan untuk peningkatan pelayanannya.

Eskop mengakui RSUD Tamiang Layang dalam upayanya meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat, masih memerlukan perhatian serius bersama dalam berbagai hal, baik itu administrasi dan manajemen, pelayanan medis, pelayanan keperawatan, pelayanan gawat darurat, rekam medik serta peningkatan sumber daya manusianya. 

"Maka dari itu, perlu adanya peningkatan Akreditasi rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit ini secara terus menerus," tambahnya.

Akreditasi rumah sakit adalah pengakuan oleh lembaga independen terhadap rumah sakit yang diberikan penyelenggara akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan. Setelah dinilai, rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan. 

Baca juga: Polisi ungkap tujuh lokasi rawan kecelakaan di Barito Timur

Oleh sebab itu, kegiatan dan proses akreditasi RSUD Tamiang Layang sebagai wujud komitmen bersama untuk membangun Rumah Sakit yang memiliki standar pelayanan mulai dari tingkat dasar sampai dengan level yang tertinggi sesuai kualitas atau mutu yang diharapkan.

Hal ini sekaligus sebagau upaya bersama mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Barito Timur yakni terwujudnya barito timur sehat, cerdas, dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah.

Eskop meminta seluruh karyawan, petugas kesehatan RSUD Tamiang Layang terus semangat serta kompak dalam melaksanakan tugas mulia sehingga upaya pelayanan kesehatan yang berkesinambungan, khusunya untuk peningkatan pelayanan rumah sakit semakin memberi kesan yang baik dari waktu ke waktu.

Survei dari KARS Indonesia pada RSUD Tamiang Layang dipimpin langsung Rasdiana Zega. Penilaian diawali dari awal masuk rumah sakit hingga instalasi UGD dan poli-poli kesehatan.

Baca juga: Seorang warga di Bartim diduga tewas disambar petir saat main handphone

Baca juga: Masyarakat Barito Timur diajak syukuri kemajuan pembangunan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar