Titik fokus pengamanan Natal di Gumas telah ditentukan

id Pemkab gumas, gumas, gunung mas, kuala kurun, polres, polisi, patuh telabang, operasi lilin, nataru, natal, tahun baru, kondusif, jaya s monong

Titik fokus pengamanan Natal di Gumas telah ditentukan

Bupati Gumas Jaya S Monong (kiri) didampingi Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman (kiri kedua) dan lainnya saat melihat sarana dan prasarana penunjang Operasi Lilin Telabang 2019, usai apel gelar pasukan, di halaman Mapolres setempat, Kamis (19/12/2019). (ANTARA/Ho-Polres Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kapolres Gunung Mas, Kalimantan Tengah AKBP Rudi Asriman menyatakan, pihaknya siap mengamankan ibadah dan perayaan Natal dan tahun baru 2020 di wilayah setempat.

“Kami sudah mendata tempat-tempat yang menjadi fokus pengamanan. Kami akan mengutamakan gereja,” ucap Rudi usai memimpin Apel Operasi Lilin Telabang 2019 di Kuala Kurun, Kamis.

Rudi yang menggantikan AKBP Yudi Yuliadin sebagai Kapolres Gumas itu mengatakan, pihaknya juga akan melakukan bakti sosial, seperti membantu kesiapan gereja dalam rangka perayaan Natal dan beberapa lainnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan melakukan operasi sandang pangan, untuk melihat apakah makanan dan minuman yang tersedia di pasaran masih layak dikonsumsi atau sudah kedaluarsa.

Secara khusus dia juga meminta dukungan dari seluruh pihak, baik itu pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Gumas.

Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak yang ada di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu, ia meyakini tugas yang diemban dapat dijalankan dengan baik.

“Saya berharap kita semua dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik, agar Gumas yang kita cintai ini selalu dalam situasi yang kondusif,” tuturnya yang sebelumnya menjabat sebagai Akreditor Madya Rowabprof Divpropam Polri tersebut.

Sementara itu Bupati Gumas Jaya S Monong menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan lainnya yang telah bersiap mengamankan daerah itu, khususnya menjelang ibadah dan perayaan Natal serta tahun baru 2020.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar turut menjaga suasana keamanan dan ketertiban saat ibadah dan perayaan Natal, serta tahun baru, dengan harapan kedepan Gumas selalu kondusif.

“Semoga nantinya ibadah dan perayaan Natal 2019 serta tahun baru 2020 berjalan dengan aman, tertib dan lancar, sesuai harapan kita bersama di seluruh wilayah, baik perkotaan maupun pelosok perdesaan,” demikian Jaya.