Ketua PKK Barut resmikan Posyandu lansia dan Posbindu PTM

id pkk barito utara,resmikan,posyandu,wonorejo,hj sri hidayati

Ketua PKK Barut resmikan Posyandu lansia dan Posbindu PTM

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati didampingi Ketua GOW, Camat Teweh Tengah, Lurah Melayu, Ketua TP PKK Teweh Tengah, mewakili Kapolsek Teweh Tengah, Koramil meresmikan Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah di Wonorejo Kelurahan Melayu, Sabtu (21/12/2019).ANTARA/Ist

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati  meresmikan Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah di Wonorejo Kelurahan Melayu Muara Teweh, Sabtu.

Menurut Ketua TP PKK Hj Sri Hidayati, Posyandu Lansia adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

“Jadi, Posyandu lansia merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan yang dilaksanakan oleh kader posyandu dan didampingi oleh Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan kepada usia lanjut," katanya.

Peresmian Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah ini dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan pemeriksaan Iva (deteksi dini kanker serviks) di halaman Masjid Baitul Tohar Wonorejo ini.

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati berharap dengan diresmikannya Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah ini para lansia disekitar dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sedangkan posbindu PTM yang diperuntukan memantau kesehatan masyarakat yang berusia 15 tahun ke atas. 

“Sehingga tingkat kematian dari penyakit tidak menular bisa berkurang. Serta dengan adanya pemeriksaan Iva test dapat mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim dari berbagai usia yang beresiko menderita kanker serviks," kata Sri Hidayati.

Camat Teweh Tengah H Mastur mengapresiasi dengan diresmikannya Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanan Wonorejo ini. 

“Dengan diresmikannya posyandu lansia ini agar terus dilengkapi dan para petugas agar bisa memanfaatkan Posyandu Lansia. Dan diharapkan kepada kita semua tidak hanya peresemiannya yang baik, akan tetapi pada hakikatnya adalah penggunaan dan kemudahan dari Posyandu Lansia,” kata  dia.  

Sementara, Lurah Melayu Reddy Nugraha dalam sambutannya mengatakan dengan telah diresmikannya Posyandu Lansia dan Posbindu PTM Amanah ini dapat memberikan pelayanan kesehatan rutin setiap bulannya dan sekaligus memantau kesehatan warga masyarakat di empat RT di Kelurahan Melayu.

“Dengan diresmikannya posyanndu ini, diharapkan para warga yang memasuki usia lanjut, bisa lebih diperhatikan kesehatannya dan dalam hal pencatatan penduduk akan lebih memermudah kami dalam mengontrol dinamika pertumubuhan penduduk khususnya di lingkungan RT 4 Wonorejo ini,” kata Reddy.

Peresmian posyandu lansia dan posbindu PTM ini dihadiri Plt Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo, Camat Teweh Tengah, Ketua Posyandu Amanah, sejumlah pengurus TP PKK Barito Utara, serta masyarakat setempat.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar