Pemkab Barito Utara buka Pemagangan Dalam Negeri 2024

id pemagangan dalam negeri barito utara,barito utara,pemagangan dalam negeri,kalteng,mastur

Pemkab Barito Utara buka Pemagangan Dalam Negeri 2024

Foto Arsip-Kadis Nakertrankop dan UKM Barito Utara, M Mastur menyampaikan laporan kegiatan pemagangan dalam negeri 2022 yang diikuti sebanyak 50 peserta dengan kategori jurusan administrasi perkantoran dan mekanik, di Muara Teweh, Senin (17/10/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembali membuka pemagangan dalam negeri 2024 dengan beberapa kualifikasi dan jurusan.

"Waktu magang dilaksanakan selama lima bulan efektif dengan lokasi magang di dunia usaha di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara Mastur di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, kualifikasi dan jurusan yang diikutkan dalam pemagangan dalam negeri yaitu memiliki skil dasar otomotif (mekanik sarana dan mekanik alat berat), analis kimia diutamakan lulusan minimal D3, administrasi perkantoran diutamakan memiliki sertifikat komputer dasar, operasional lapangan dan crew survei yang diutamakan bisa di lapangan dan untuk lulusan SMK/Sarjana jurusan geologi pertambangan dan teknik komputer dan jaringan.

Tujuan dari pemagangan dalam negeri ini, katanya, dalam rangka meningkatkan pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi para peserta magang atau tenaga kerja dalam upaya penciptaan lapangan pekerjaan dan penanggulangan pengangguran di wilayah Barito Utara.

Bagi warga yang ingin mengikuti pemagangan dalam negeri ini bisa memasukkan berkas dengan kualifikasi dan jurusan ke Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara  melalui Bidang Ketenagakerjaan Seksi Pelatihan Kerja dan Produktifitas Tenaga Kerja pada jam kerja Senin – Kamis pukul 07.00 WIB – 11.00 WIB -14.00 WIB- 15.00 WIB, dan Jumat pada pukul 08.00 WIB – 10.30 WIB – 14.00 WIB – 16.00 WIB.

"Jadi silahkan datang ke Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara untuk menyerahkan berkas pemagangan dalam negeri," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk syarat mengikuti pemagangan dalam negeri yaitu fotocopy masing-masing tiga lembar meliputi KTP (warga Barito Utara), Ijazah terakhir (Min SLTA/Sederajat), AK1 (aktif), Kartu Vaksin (2/3/Boster), BPJS Kesehatan (aktif) dan SKCK (aktif).

Kemudian Surat Keterangan Sehat Terbaru (Puskesmas/Dokter), Pas Foto 3x4 Berwarna, Laki-Laki/Perempuan Min usia 18-35 tahun, belum pernah menikah/lajang/duda/janda, mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Dinas , materai 10.000 dan belum pernah mengikuti kegiatan pemagangan di Disnakertranskop UKM.

Untuk jurusan Adminstrasi perkantoran map merah, Mekanik Sarana/Alat Berat menggunakan map biru, Helper Mekanik map kuning, Crew Survei map hijau,Kimia Analis map merah uuda, Operasional Lapangan map merah, Geologi Pertambangan map biru, Komputer dan Jaringan map kuning.

“Penerimaan berkas pada paling lambat sampai 26 April 2024. Berkas dimasukkan dalam Map dengan ketentuan di depan map dituliskan Nama, No WA aktif dan jurusan yang dipilih,” kata Mastur.