Empat siswa SMA Barito Utara ikuti seleksi Paskibraka Kalteng

id paskibraka barito utara,seleksi tingkat kalteng,17 agustus,barito utara,kalteng

Empat siswa SMA Barito Utara ikuti seleksi Paskibraka Kalteng

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Barito Utara Eveready Noor dan Kepala Badan Kesbangpol setempat, Rayadi menyalami empat orang peserta calon anggota Paskibraka yang mewakili Barito Utara mengikuti seleksi di tingkat provinsi dan nasional, di Arena Tiara Batara, Muara Teweh, Rabu (24/4/2024).ANTARA/HO-Badan Kesbangpol Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Utara mengirimkan empat siswa SMA setempat untuk mengikuti seleksi menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  2024 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan nasional. 

“Saat ini keempat orang siswa tersebut menunggu panggilan dari Pemprov Kalteng untuk mengikuti latihan dan nantinya akan dikarantina,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politi Barito Utara Rayadi di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, keempat peserta calon Paskibraka Barito Utara yang terpilih untuk mengikuti seleksi Paskibraka untuk tingkat Kalteng dan nasional yakni dua putra dan dua putri yaitu untuk putra atas nama Muhammad Wahyu Sembiring dari SMAN 4 Muara Teweh dan Aryayoga Fajar Wisnutama dari SMAN 1 Muara Teweh.

Untuk putri, katanya, yang mengikuti seleksi Paskibraka untuk tingkat provinsi dan nasional atas nama Aisha Nur Aniqa dari Madrasah Aliya Negeri (MAN) Barito Utara dan Imay Dwi Rahayu dari SMAN 4 Muara Teweh.

"Untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat kabupaten dan provinsi memang tidak mudah. Artinya banyak hal yang menjadi penilaian dari panitia seleksi, sehingga dapat bersaing dengan pelajar dari daerah lain," kata Rayadi.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan seleksi Paskibraka 2024 di tingkat Kabupaten Barito Utara tahap I, II, III dan seleksi final dilaksanakan sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang ada.

Tim seleksi berasal dari Polres Barito Utara, Kodim 1013 Muara Teweh, Dinas Kesehatan Barito Utara dan Kesbangpol selaku leading sektor. 

Calon anggota Paskibraka Barito Utara berjumlah 45 orang dan empat orang peserta mengikuti seleksi di tingkat Kalteng dan nasional. 

"Nantinya mereka akan mengikuti latihan pemusatan sejak akhir bulan Juli hingga Agustus 2024," kata Rayadi menjelaskan. 

Dia menyatakan, para peserta terpilih ini sebelumnya diberikan pembekalan pengetahuan umum, psikotes, etika, PBB, kesehatan dan kesamaptaan serta kesenian serta seleksi kepribadian oleh badan Kesbangpol serta tim dari Polres dan Kodim 1013 Muara Teweh.