DPRD minta pemkab periksa Jembatan Ir Soekarno Kuala Pembuang

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang, ketua dprd seruyan, zuli eko, jembatan soekarno, ikon

DPRD minta pemkab periksa Jembatan Ir Soekarno Kuala Pembuang

Jembatan Ir Soekarno, Kuala Pembuang. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo mendorong instansi terkait, agar melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Jembatan Ir Soekarno di wilayah setempat.

"Jembatan Ir Soekarno merupakan akses utama penyeberangan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah dan masyarakat," kata Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Selasa.

Untuk itu, perlu dilakukan perawatan atau pun pengecekan, guna memastikan dampak jangka panjangnya bagi keberadaan jembatan tersebut, seperti memerhatikan kelengkapan baut, penerangan dan pohon-pohon tinggi di kawasan sekitar, serta lain sebagainya.

Pihaknya menyarankan dilakukannya pemeriksaan kondisi jembatan, sebab usianya juga sudah cukup lama, sehingga patut diperhatikan secara menyeluruh konstruksi jembatan tersebut.

"Selain perangkat daerah terkait yang bertugas memelihara serta menjaga kondisi jembatan tersebut, masyarakat juga harus berperan aktif membantu pemerintah daerah," ungkapnya.

Dalam hal ini, masyarakat juga harus bisa menjaga serta dan memerhatikan kondisi jembatan. Jangan sampai nantinya, seperti besi dan lainnya dicorat-coret sehingga merusak keindahannya, atau pun mencuri bagian-bagian lain penunjang jembatan.

Jika ada kesadaran bersama dalam menjaga maupun memelihara jembatan itu, maka diyakini jembatan kebanggaan warga Seruyan tersebut bisa memberikan manfaat secara optimal dalam waktu yang lama.

"Kami mengajak masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi aktif memerhatikan, serta menjaga Seruyan," tegasnya di sela kegiatan kerjanya.

Eko menjelaskan, sebanyak dan sebaik apapun pembangunan berbagai fasilitas umum yang dilaksanakan oleh pemerintah, tak akan bertahan lama apabila tidak diimbangi kegiatan pemeliharaan rutin, maupun kesadaran dari masyarakat untuk membantu menjaganya.