KPU Kalteng siapkan anggaran Pilkada 2020 untuk enam paslon

id kpu kalteng,wawan wiraatmaja,pilkada kalteng 2020,KPU Kalteng siapkan anggaran Pilkada 2020 untuk enam paslon

KPU Kalteng siapkan anggaran Pilkada 2020 untuk enam paslon

Anggota KPU Kalteng, Wawan Wiraatmaja (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2020 untuk enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

"KPU mempersiapkan anggaran dengan mempertimbangkan beberapa hal termasuk calon dari partai dan perseorangan. Jumlahnya disiapkan untuk enam pasangan calon," kata Komisioner KPU Kalteng, Wawan Wiraatmaja di Palangka Raya, Kamis.

Mantan anggota KPU Kota Palangka Raya itu menerangkan bahwa enam pasang calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah pada Pilkada 2020 itu terdiri dari empat pasang dari jalur partai politik dan dua jalur perseorangan. Total anggaran yang disiapkan untuk seluruh tahapan pelaksanaan Pillkada Kalteng Rp249 miliar.

Baca juga: Riban optimis diusung PDIP untuk maju di Pilgub 2020

Dia juga menyebut bahwa secara formal khususnya bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan sampai saat ini belum yang berkonsultasi terkait pencalonan Pilgub Kalteng 2020.

Bagi pihak-pihak yang ingin menggali informasi lebih lanjut dapat menghubungi "helpdesk" Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah setiap hari kerja.

Sementara itu, saat ini pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 memasuki tahapan pembentukan PPK dan PPS terhitung pada 15 Januari - 14 Maret.

Baca juga: Ini langkah DPRD Kalteng tangkal SARA saat Pilkada tahun 2020

KPU Provinsi Kalimantan Tengah terkait Pilgub 2020 telah meluncurkan maskot dan jingle serta tagline. Maskot tersebut yakni Si Balanga dengan "tagline" Demokrasi Indah, Kalteng Batuah.

Balanga sendiri berbentuk seperti guci besar berwarna jingga yang sedang tersenyum. Di tangan kiri ibu jari tercelup tinta sementara tangan kanan memegang surat suara bertuliskan hari pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Kalteng 2020.

Di bagian atas dihiasi laung motif dayak dan sehelai bulu burung tinggang. Sementara di bawah tangan kiri terdapat kota suara. Si Balanga merupakan singkatan dari Siap, Bahalap, Lancar dan Ngabujuran yang mencerminkan siap melaksanakan pemilu yang baik, sukses, lurus/jujur dan adil.

Sementara untuk tagline "Demokrasi Indah" bermakna memberi penjelasan pada masyarakat secara verbal dan mengajak masyarakat Kalimantan Tengah untuk menyemarakkan Pilgub Kalteng 2020 dengan tertib dan damai.

Sementara "Kalteng Batuah" bermakna dengan ikut andilnya masyarakat Kalteng dalam Pilgub Kalteng 2020. Kalimat Kalteng Batuah juga sebagai wujud doa agar Kalimantan Tengah selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Sugianto-Habib tegaskan rekom maju pilkada 2020 sudah cukup

Baca juga: Indonesia dinilai perlu coba pemilu sistem distrik

Baca juga: Persaingan pilkada jangan rusak kerukunan masyarakat, kata Bupati Kotim



 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar