Selamatkan SDM, peredaran narkoba di Seruyan harus dicegah

id kabupaten seruyan,dprd seruyan,ketua dprd seruyan,kalimantan tengah,kalteng,Zuli Eko Prasetyo

Selamatkan SDM, peredaran narkoba di Seruyan harus dicegah

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo (kiri), Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) dan Kabid Pemberantasaan BNNP Kalimantan Tengah Kombes Pol Tony EP Sinambela (kanan) saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama tentang dukungan layanan rehabilitasi, di Aula Kantor BPKAD Seruyan, Rabu (29/1). ANTARA/HO-DPRD Seruyan

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan ,Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengingatkan sekaligus meminta pemerintah kabupaten, terutama organisasi perangkat daerah setempat lebih serius mencegah dan memberantas peredaran narkoba di wilayah ini.

"Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba tersebut sebagai upaya menyelamatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Seruyan,” kata Eko di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, peredaran narkoba langsung menyerang SDM yang ada di semua milayah, sehingga berdampak yang sangat besar bagi daerah ataupun negara. Apalagi banyaknya pemuda yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba tersebut, membuat generasi muda hancur dibiarkan dan tidak ada upaya serius mencegah dan menanggulangi.

Eko mengatakan perlu adanya upaya pencegahan yang harus dilakukan, seperti memberikan pemahaman kepada siswa maupun mahahasiswa tentang bahayanya narkoba. Sehingg mareka bisa mengetahui hal tersebut.

"Saya harap pemerintah daerah kedepan harus melakukan diskusi kepada para pemuda tentang bahaya narkoba, dan dampak buruknya," harapnya.

Baca juga: Pemkab dan BNNK Kalteng fasilitasi rehabilitasi pengguna narkoba di Seruyan

Wakil rakyat Seruyan itu mengatakan, disamping itu perlu adanya pengawasan yang ketat dari orang tua dan guru atupun tenaga pengajar untuk mengawasi peredaran narkoba dilingkungan keluarga dan sekolah.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, bicara soal narkoba semua pihak harus sepakat untuk memerangi narkoba. Mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan kerja.

Eko menyampaikan kepada aparat penegak hukum. Dimulai dari lembaga yang ia pimpin kalau memang ada yang menyalahgunakan narkoba silakan ditangkap.

"Mau itu pimpinan DPRD, anggota dewan ataupun staf silakan semuanya ditangkap. Saya beri leluasa untuk memberantas penyalahgunaan narkoba. Ketika ada dari lembaga saya yang menyalahgunakan narkoba," tegas Eko.

Dia menyebut pihaknya berencana melakukan tes urine di lembaga DPRD Seruyan, dan sudah disampaikan kepada Wakil Bupati Seruyan selaku ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) dan Kabid Pemberantasan BNNP Kalimantan Tengah.

"Itu bukti nyata kami serius mencegah peredaran narkoba di Kabupaten Seruyan. Kami berharap langkah ini juga diikuti OPD dan pihak lainnya," demikian Eko.

Baca juga: Tingkatkan sinergitas perangkat desa di Seruyan demi kemajuan pembangunan

Baca juga: PBS harus berkontribusi dalam kemajuan pembangunan di Seruyan