KPU ajak warga Kalteng sukseskan Pilkada

id Kpu kalteng,Pilkada kalteng,2020

KPU ajak warga Kalteng sukseskan Pilkada

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim (tengah) menunjukkan maskot Pilkada Kalteng 2020. (Antara/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak warga di provinsi setempat aktif menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur 2020.

Komisioner KPU Kalteng, Eko Wahyu Sulistyobudi di Palangka Raya, Sabtu mengatakan salah satu bentuk partisipasi dalam menyukseskan pilkada dengan memastikan telah masuk dalam daftar pemilih tetap kemudian menggunakan hak pilih untuk memilih pasangan calon sesuai hati nurani. "Kemudian juga turut mengawasi setiap tahapan dan proses Pemilu termasuk mengenali seluk-beluk figur yang akan dipilih memimpin Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur," kata anggota KPU Kalteng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat itu.

Semakin banyak yang berpartisipasi dalam mengawasi pihak penyelenggara maupun parpol dan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng, makin kecil pula kemungkinan terjadinya pelanggaran atau kecurangan pilkada.

Pengawasan yang ketat juga bisa melahirkan demokrasi yang berkualitas yang menjadi harapan seluruh elemen bangsa. Sehingga masyarakat jangan sampai terpengaruh dengan adanya politik uang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sementara, Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim menerangkan bahwa saat ini KPU di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu siap menerima penyerahan dukungan calon perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020.

"Dalam rangka Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalteng 2020, KPU Provinsi Kalimantan Tengah siap melayani calon perseorangan (independen) yang akan menyerahkan dukungan pada 16-20 Februari 2020," kata Harmain.

Dia menambahkan bahwa pengumuman tentang syarat dan jadwal penerimaan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan telah dilaksanakan pada 3 Desember sampai 16 Desember 2019.

Sementara itu, jumlah dukungan untuk bakal pasangan calon perseorangan adalah 175.323 dukungan dengan sebaran paling sedikit di delapan kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.