Pemkot Palangka Raya minta perusahaan laporkan lowongan kerja

id pemkot palangka raya,perusahaan diminta,laporkan ,lowongan kerja,pencari kerja palangka raya

Pemkot Palangka Raya minta perusahaan laporkan lowongan kerja

Warga Palangka Raya melihat informasi lowongan pekerjaan melalui jaringan internet. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah kerjanya untuk melaporkan setiap lowongan pekerjaan.

"Kami ingatkan bahwa setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan wajib memberitahukan dan melaporkan kepada kami," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya Mesliani Tara di Palangka Raya, Rabu.

Ia mengatakan bahwa sesuai Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1980 setiap perusahaan wajib melaporkan secara tertulis lowongan pekerjaan ke pemerintah daerah, termasuk jenis pekerjaan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, dan persyaratan pendaftaran.

"Pelaporan lowongan kerja itu juga untuk mempermudah kami dalam upaya antisipasi permasalahan kerja jika terjadi antara perusahaan dan pekerja nantinya," kata Mesliani.

Ia mengatakan bahwa belum semua perusahaan yang beroperasi di Palangka Raya melaporkan informasi pembukaan lowongan pekerjaan ke Dinas Tenaga Kerja.

"Untuk itu kami melalui sejumlah petugas berupaya 'menjemput bola', mencari informasi perusahaan mana saja yang membuka lowongan pekerjaan," kata Mesliani, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Palangka Raya.

Dia menjelaskan pula bahwa selama 2020 Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya menyiapkan delapan paket pelatihan kerja dalam upaya mengurangi pengangguran. Paket pelatihan kerja yang disediakan meliputi pelatihan otomotif, permebelan, tata boga, teknik listrik, teknik pendingin, komputer, kecantikan, dan teknik las.

Menurut dia, kegiatan pelatihan rencananya dibuka awal April dan berlangsung selama satu setengah bulan dengan peserta untuk masing-masing paket pelatihan sebanyak 16 orang.

"Kami harapkan para semester pertama 2020 seluruh paket pelatihan kerja sudah terlaksana. Hal ini sebagai upaya mempercepat kelulusan pelatihan kerja dengan harapan peserta yang telah mengikuti pelatihan juga cepat mendapat pekerjaan," kata Mesliani.

Warga yang ingin mengikuti pelatihan keterampilan dapat mendaftarkan diri ke Unit Pengelola Teknis Kantor Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya di Jalan Tjilik Riwut.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar