DPRD ajak insan pers kawal pembangunan di Bartim

id DPRD Bartim,Tamiang Layang,insan pers,DPRD ajak insan pers kawal pembangunan di Bartim, Ariantho S Muler

DPRD ajak insan pers kawal pembangunan di Bartim

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Kalimantan Tengah Ariantho S Muler. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Kalimantan Tengah Ariantho S Muler mengajak seluruh insan pers yang ada di daerah itu, untuk bersama-sama mengawal pembangunan daerah dalam mewujudkan sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah.

"Peran insan Pers sebagai kontrol sosial sangat membantu DPRD Barito Timur (Bartim) dalam hal pengawasan. Melalui pemberitaannya, diharapkan insan pers ikut membangun dan mewujudkan Bartim sejahtera," kata Ariantho di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, pasti akan memberikan dampak dalam pembangunan baik postif maupun negatif. Dengan adanya pengawalan dari insan pers, maka apa yang terjadi di lapangan menjadi informasi dan masukan yang bisa dijadikan bahan rujukan untuk ditindaklanjuti.

Ariantho mengakui, anggota DPRD Bartim tentu tidak bisa mendapatkan informasi secara keseluruhan terkait dalam hal permasalah masyarakat Bartim. Dengan adanya informasi dari media, hal ini mempermudah tugas anggota dewan dalam pengawasan.

Dia juga mengharapkan, agar profesionalitas dalam kejurnalistikan bisa menjadi corong informasi pembangunan yang akurat. Selain itu, wartawan juga diharapkan melaksanakan tugas kejurnalistikan sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku dengan mengacu UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers.
 
"Peranan komunikasi simbiosis antara pemerintah daerah dengan pers bisa memberikan kemajuan bagi Kabupaten Bartim, sebab wartawan sebagai mitra kerja pemerintah. Sehingga bisa memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di Bartim," katanya.

Politisi PKPI itu menambahkan, saat ini Bartim memasuki usia ke-18 tahun. Dengan usia ke-18 tahun ini, diharapkan pembangunan mendapatkan dukungan semua pihak, sehingga pembangunan di Bartim bisa berpacu dan bersaing dengan kabupaten lainnya di Kalteng.

Ketua PWI Bartim Yulius Yartono mengatakan PWI Bartim telah memberikan kontribusi positif dalam pembangunan melalui pemberitaan-pemberitaan, karena PWI merupakan organisasi di bidang kewartawanan yang resmi dan diakui Dewan Pers dan pemerintah.

"Baik pemberitaan di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan ekonomi kerakyatan hingga laporan anggaran daerah, wartawan yang tergabung PWI Bartim telah memberitakannya secara profesional dan berimbang untuk dijadikan informasi pembangunan," katanya.

Untuk itu, Yulius mengharapkan kerjasama Pemkab Bartim dengan PWI Bartim terus terjalin dengan harmonis dan bersinergi.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar