Legislator minta pemkot optimalkan lahan produktif untuk pertanian

id Legislator minta pemkot optimalkan lahan produktif untuk pertanian,DPRD Palangka Raya,Palangka Raya,Pertanian

Legislator minta pemkot optimalkan lahan produktif untuk pertanian

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Heri Purwanto saat berada di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Heri Purwanto meminta pemerintah setempat untuk memaksimalkan keberadaan lahan produktif sebagai keperluan pengembangan sektor pertanian di wilayah setempat.

"Jika pemanfaatannya tepat, maka hasil pertanian berpengaruh baik sehingga akan mengurangi ketergantungan kebutuhan pangan pada daerah lain," kata Heri di Palangka Raya, Kamis.

Anggota Komisi B itu menyebutkan, sektor pertanian merupakan sumber daya yang harus mampu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan kata lain, mengembangkan sektor tersebut adalah kewajiban bagi pemerintah.

"Harapan saya, pemerintah bisa memaksimalkan segala potensi lahan produktif agar lahan pertanian juga semakin luas. Selain itu juga akan meningkatkan komoditas pertanian yang ditanam di daerah setempat," ucapnya.

Menurut Heri, luasan Kota Palangka Raya yang cukup besar serta ditambah lagi potensi yang terkandung di dalamnya, tidak menutup kemungkinan hasil pertaniannya akan mampu memenuhi kebutuhan sendiri jika mampu dimanfaatkan secara maksimal.

"Komoditas pangan seperti cabai, bawang merah dan jagung termasuk komoditas yang paling dicari. Memang sebagian petani sudah ada yang mengembangkan, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi," ungkap Heri.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi teknisnya sudah menyiapkan program untuk pengembangan pertanian di wilayah setempat. Berbagai langkah sudah disiapkan, yakni dengan mengembangkan model pertanian terpadu yang berfokus pada pengembangan padi, jagung, kedelai, bawang merah dan cabai.

Politisi dari Partai Hati Nurani Rakyat itu menegaskan, sangat mendukung penuh program pemerintah tersebut. Potensi bidang ini dinilai cukup bagus.

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap sejumlah komoditas pangan menggambarkan besarnya potensi pengembangan sektor ini. Untuk itu, sangat tepat jika lahan produktif dioptimalkan guna memenuhi tingginya permintaan seperti di wilayah setempat.

"Lahan produktif di daerah kita yang cukup luas ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pertanian. Pemerintah sudah cukup jauh mengembangkan sejumlah komoditas. Jadi sekarang bagaimana itu semua diteruskan dan ditingkatkan saja," demikian Heri.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar