RSUD Jaraga Sasameh Buntok sudah memiliki ruang isolasi tangani corona

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Barito Selatan,Barsel,RSUD Jaraga Sasameh Buntok,Edy Purwanto

RSUD Jaraga Sasameh Buntok sudah memiliki ruang isolasi tangani corona

Sekda Barito Selatan Edy Purwanto (baju kuning) rapat bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok milik pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, sekarang ini sudah memiliki ruang isolasi yang dapat dipergunakan untuk mengisolasi pasien dalam pengawasan diduga terindikasi virus corona. 

"Di RSUD itu juga sudah disediakan tiga ruang isolasi yang terdiri dari 7 tempat tidur standar untuk penanganan covid 19," kata Sekda Barsel Edy Purwanto di Buntok, Kamis.

Selain ruang isolasi, lanjut dia, RSUD Jaraga Sasameh Buntok juga sudah menyiapkan sebanyak 39 orang tenaga medis, termasuk sejumlah peralatan meskipun jumlahnya terbatas dalam penanganan apabila ada warga yang diduga terserang virus tersebut.

"Tenaga medis tersebut terdiri dari 15 dokter dan 24 orang perawat, dan dijadikan sebagai tim yellow code dalam menangani apabila ada warga yang terserang covid 19," beber Edy.

Dikatakan, penanganan terhadap warga yang terserang covid 19 itu hanya untuk penanganan awalnya saja, sedangkan untuk penanganan lebih lanjut pasien akan dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. 

Baca juga: Ambal dan sajadah harus sering dicuci cegah Covid-19

Ia menyampaikan, memang beberapa waktu lalu ada satu orang yang diduga terserang virus tersebut, dan setelah dikirim ke Palangka Raya, Alhamdulillah hasilnya negatif dan bukan terserang covid 19.

Selain itu Sekda juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Barito Selatan ini agar selalu membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga pola makan yang seimbang, beristirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

"Dengan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga pola makan yang seimbang, beristirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur serta meningkatkan daya tahan tubuh, Insya Allah kita terhindar dari penyakit," kata Edy.

Baca juga: Lima desa dan satu kelurahan di Barito Selatan akan disambung jaringan PLN

Baca juga: Pemkab Barsel ingatkan program bansos pangan bertujuan kurangi beban keluarga miskin

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar