Fraksi PDIP Kalteng usulkan pemprov realokasi APBD tangani covid-19

id DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kalteng,Fraksi PDIP DPRD Kalteng,Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalteng,Freddy Ering,corona,covid19

Fraksi PDIP Kalteng usulkan pemprov realokasi APBD tangani covid-19

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalteng Freddy Ering. (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kalimantan Tengah mengusulkan kepada pemerintah provinsi merealokasi atau pengalokasian kembali anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020, agar tersedia dana untuk mencegah sekaligus menangani penyebaran virus corona atau covid-19.

Realokasi APBD 2020 tersebut diusulkan karena mencermati perkembangan dan situasi semakin merebaknya wabah covid-19 di provinsi ini, kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalteng Freddy Ering di Palangka Raya, Senin.

"Usulan itu juga menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo tentang Realokasi APBN dan APBD, serta dukungan anggaran penanganan Covid-19," tambahnya.

Dikatakan, realokasi anggaran APBD 2020 selain kepentingan penyediaan sarana dan prasarana, observasi serta perawatan, juga perlu penambahan tunjangan, honor dan lembur untuk para petugas kesehatan, termasuk aparat terkait yang terlibat dalam penanganan covid 2019, penyuluh.

Freddy yang juga Ketua Komisi 1 DPRD Kalteng itu mengatakan realokasi juga sebagai upaya mnyediakan anggaran untuk penyuluhan, pencegahan serta dampak ekonomi masyarakat pasca adanya penyebaran covid-19 tersebut.

"Dampak ekonomi yang kami maksudkan itu terkait upaya mengantisipasi kelangkaan pangan dan lainnya. Jadi, Masyarakat Kalteng bisa terbantu dan tidak terlalu kesusahan akibat covid-19 ini," ucapnya.

Baca juga: Gedung disemprot disinfektan, ini pesan Ketua DPRD Kalteng cegah corona

Fraksi PDIP juga mengusulkan agar digelar rapat pimpinan diperluas, termasuk pimpinan fraksi dan komisi-komisi yang ada di DPRD Kalteng. Diusulkan juga penundaan kegiatan-kegiatan rapat yang menghadirkan banyak orang, seperti rapat paripuran, rapat-rapat gabungan komisi, rapat dengar pendapat, maupun rapat panitia khusus.

Meski begitu, Fraksi PDIP Kalteng mengusulkan agar kegiatan DPRD Kalteng setidaknya sampai akhir bulan April 2020 dapat lebih difokuskan ke lapangan atau dalam daerah. Langkah tersebut sebagai upaya membantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat serta praktis dalam mencegah Covid-19.

"Semua usulan itu sudah kami buat dalam surat dan kirim ke pimpinan DPRD Kalteng. Semoga apa yang kami usulkan dapat dipertimbangkan dan disetujui semua fraksi dan pimpinan DPRD Kalteng," demikian Freddy Ering. 

Baca juga: Tingkatkan stok darah, DPRD sarankan PMI ke SMA se-Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng minta penimbun sembako ditangkap dan ditindak tegas

Baca juga: DPRD Kalteng ajak masyarakat dukung upaya pencegahan penyebaran corona

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar