DPRD Kalteng ajak masyarakat dukung upaya pencegahan penyebaran corona

id kalimantan tengah,kalteng,dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,ketua dprd kalteng,wiyatno,virus corona,corona

DPRD Kalteng ajak masyarakat dukung upaya pencegahan penyebaran corona

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno. (ANTARA/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di provinsi ini, agar mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Imbaun untuk menunda melaksanakan berbagai kegiatan mengumpulkan massa hingga penutupan sementara tempat hiburan malam (THM) yang telah dicanangkan pemerintah provinsi harus didukung, kata Wiyatno di Palangka Raya, Selasa.

"Mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua pihak. Jadi, mari sama-sama kita dukung dan laksanakan," tambahnya.

Selain mengajak masyarakat terlibat, Ketua DPRD Kalteng itu juga telah membuat dan menerbitkan surat yang ditujukan kepada seluruh anggota dan jajaran di lembaga wakil rakyat tersebut.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan surat tersebut sebagai tindak lanjut Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Isi surat yang dikeluarkan tersebut tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya dikeluarkan gubernur. Diantaranya menghindari mengumpulkan massa atau menunda sementara kegiatan yang sifatnya berinteraksi dengan masyarakat banyak untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Baca juga: Perluas cakupan bencana, DPRD Kalteng kembali bahas raperda Karhutla

"Semua jajaran di DPRD Kalteng harus menghindari berinteraksi dengan orang asing dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi penyebaran virus corona," kata Wiyatno.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu mengakui, penyebaran virus korona berdampak pada perjalanan dinas Anggota dan Pimpinan DPRD Kalteng.

Meski begitu, DPRD Kalteng tetap akan melaksanakan perjalanan dinas. Hanya, perjalanan itu ada batasan-batasan tertentu yang diberikan agar kegiatan dinas tetap bisa terlaksana.
 Di mana pelaksanaan perjalan dinas Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng lebih diutamakan tujuan dalam daerah atau hanya di wilayah kabupaten dan kota di Kalteng.

"Saya juga mengingatkan, semua jajaran di DPRD Kalteng untuk menjaga kesehatan. Hal sederhana seperti mencuci tangan dan menggunakan masker bisa diterapkan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona," demikian Wiyatno.

Baca juga: Jangan bedakan kasus peladang bakar lahan di Murung Raya dengan di Sintang

Baca juga: DPRD nilai Kalteng layak diterapkan program Kotaku

Baca juga: DPRD Kalteng perlu bentuk pansus penyimpanan anggaran Pilkada di BTN