Kaum perempuan diajak jadikan Hari Kartini momentum tingkatkan peran lawan COVID-19

id Legislator gumas, gunung mas, iceu purnamasari,Kaum perempuan diajak jadikan Hari Kartini momentum tingkatkan peran lawan COVID-19

Kaum perempuan diajak jadikan Hari Kartini momentum tingkatkan peran lawan COVID-19

Legislator Gumas Iceu Purnamasari. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengajak kaum perempuan agar menjadikan Hari Kartini sebagai momentum untuk meningkatkan peran dalam memerangi pandemi virus corona atau COVID-19.
 
Perempuan, tanpa terkecuali, bisa berperan dan ambil bagian dalam mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di Kabupaten Gumas, kata Iceu saat dibincangi di Kuala Kurun, Selasa.
 
“Semangat RA Kartini harus ada dalam hati semua perempuan dengan beragam peran, baik ibu rumah tangga maupun perempuan yang bekerja di luar rumah,” kata politisi Partai Golongan Karya ini.

Baca juga: Sinergikan pelayanan gereja dengan sosialisasi pencegahan COVID-19
 
Legislator dari daerah pemilihan I yang mencakup Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini menyebut, ibu rumah tangga memiliki tugas dan tanggungjawab memastikan keamanan anak di tengah pandemi COVID-19, dengan tidak membiarkan anak keluar rumah.
 
Mengingat saat ini kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan dan diganti dengan kegiatan belajar dari rumah, artinya peran ibu semakin besar dalam memastikan anak tetap belajar selama di rumah.
 
Anak sebagai generasi muda merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan. Oleh sebab itu, ibu harus tetap memastikan anak tetap belajar di rumah, selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Dukung pembangunan jaringan listrik, masyarakat diminta relakan pohon ditebang
 
“Khusus perempuan yang bekerja, kita memang dihambat oleh keadaan pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini. Keadaan ini menjadi tantangan bagi kita untuk tetap bekerja dan menunjukkan eksistensi,” paparnya.
 
Perempuan kelahiran Kota Kuala Kurun ini menyampaikan, di tengah pandemi COVID-19 akan lebih baik jika pekerjaan dilakukan di rumah saja dengan memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi, demi keamanan bersama.
 
Namun jika memang harus bekerja di luar rumah, maka protokol keselamatan COVID-19 harus selalu diutamakan, seperti menggunakan masker, selalu menjaga jarak fisik antara satu dengan lainnya, dan beberapa lainnya.
 
“Jangan menyerah dengan keadaan saat ini. Dengan semangat Kartini, ayo kita tunjukkan jati diri sebagai perempuan Indonesia yang berani dan kuat, serta arif dan bijaksana,” demikian Iceu.

Baca juga: PKK Gumas manfaatkan TikTok sosialisasikan langkah cuci tangan

Baca juga: PLN rencanakan bangun jaringan listrik untuk empat desa di Gumas

Baca juga: Gumas berduka banjir bandang telan korban jiwa