Satu ODP Kapuas kluster Gowa terkonfirmasi positif COVID-19

id Pemkab kapuas, kapuas, kuala kapuas, virus corona, covid 19, dinas kesehatan, odp, orang dalam pemantauan, positif, tim gugus tugas kapuas

Satu ODP Kapuas kluster Gowa terkonfirmasi positif COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kapuas, Junaidi (kiri) bersama Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan setempat, dr Try Setya Utami. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Junaidi, mengumumkan satu orang dalam pemantauan (ODP) warga Kecamatan Selat yang merupakan kluster Gowa, dinyatakan positif COVID-19 dari hasil VCR swab.

“Satu orang ODP dari Kecamatan Selat, hasilnya positif COVID-19 dari hasil pemeriksaan yang diambil pada 11 April 2020 lalu,” katanya didampingi Kepala Bidang Pengedalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan dr Try Setya Utami, saat jumpa pers di Media Center Posko Induk COVID-19 Kapuas, Selasa.

Dengan adanya penambahan positif satu orang tersebut, lanjut Junaidi, maka Kapuas resmi memiliki dua kasus positif COVID-19, dengan rincian satu orang positif telah meninggal beberapa waktu lalu dan satu positif lainnya dalam karantina pihaknya hingga saat ini.

“Saya informasikan sedikit, bahwa sampai detik ini beliau masih dalam karantina dan kondisinya sangat sehat. InshaAllah dalam waktu dekat petugas akan mengambil swabnya lagi, guna mengetahui apakah yang bersangkutan masih positif atau sudah negatif,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengedalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kapuas, dr Try Setya Utami menambahkan, diketahuinya satu orang yang positif COVID-19 tersebut, pihaknya mendapatkan laporkan dari Dinas Kesehatan Kalteng dan juga dari surveilans rumah sakit setempat.

“Jadi ini kami sebut kasus 02 Kapuas. Kasus 02 Kapuas ini, termasuk kluster Gowa,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kasus 02 Kapuas merupakan ODP, seorang pria berusia 52 tahun, warga Kecamatan Selat. Dengan kondisi pada saat ODP mengalami gejala ringan dan saat ini kondisinya dalam keadaan sehat.

Untuk pemantauan selanjutnya, 02 saat ini masih dalam penanganan tim medis di rumah karantina milik pemerintah daerah setempat yang berada di perumahan NSD Jalan Pemuda Kota Kuala Kapuas.

Sementara untuk keluarganya sendiri, saat ini juga telah menjalankan karantina di perumahan NSD Jalan Pemuda pada tempat terpisah. Untuk kondisi keluarga positif 02 sendiri, hingga saat ini dalam keadaan sehat.

Berdasarkan data, jumlah kluster Gowa di Kapuas sebanyak 47 orang. Dari 47 orang tersebut, dua orang dinyatakan positif COVID-19 dari hasil pemeriksaan, yakni satu orang positif dan telah meninggal, serta satunya lagi berawal dari ODP yang kemudian positif dan masih dalam perawatan.

Kemudian, dua ODP kluster Gowa lagi masih dalam perawatan dan telah dikarantina, sambil menunggu hasil pemeriksaan. Sedangkan sisanya, dinyatakan negatif COVID-19 dan dalam keadaan sehat.