DPRD dan Polres Kotim berkomitmen sukseskan pilkada

id DPRD dan Polres Kotim berkomitmen sukseskan pilkada, Kapolres Kotim, Sampit, Kotim, Abdoel Harris Jakin

DPRD dan Polres Kotim berkomitmen sukseskan pilkada

Pertemuan Komisi I DPRD dengan Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, Selasa (23/6/2020). ANTARA/HO-DPRD Kotim

Sampit (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dan kepolisian setempat berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan pemilu kepala daerah serentak pada 9 Desember nanti.

"Kami mendukung Polres menjalankan tugas mengamankan pilkada. Kita bersama-sama menciptakan pilkada yang aman dan lancar dengan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban," kata Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Agus Seruyantara di Sampit, Selasa.

Komisi I bertandang ke Polres Kotawaringin Timur untuk bersilaturahmi dengan Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin. Agus datang didampingi Wakil Ketua Komisi I Abdul Kadir, Sekretaris Komisi I Hendra Sia, anggota Komisi I Parningotan Lumban Gaol, Rimbun dan Hairis Salamad, serta anggota Komisi II Juliansyah.

Kunjungan ini juga untuk meningkatkan komunikasi dengan perwira yang baru bertugas di kabupaten ini. Komunikasi dan koordinasi ini dinilai penting dalam rangka saling mendukung pelaksanaan tugas.

Beberapa hal menjadi tema perbincangan ringan dalam silaturahmi tersebut. Salah satu yang menjadi pembicaraan hangat adalah terkait pilkada karena Polres Kotawaringin Timur memegang peranan penting dalam menjaga keamanan daerah.

Tahun ini masyarakat Kotawaringin Timur akan mengikuti dua agenda pilkada sekaligus, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Ini membuat potensi kerawanan gangguan keamanan saat pilkada di daerah ini dinilai juga lebih besar dibanding daerah lain.

Agus mengapresiasi komitmen yang disampaikan Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin yang berupaya mengedepankan edukasi dan pencegahan kepada masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Baca juga: Legislator ingatkan kekurangan logistik jangan terulang di pilkada Kotim

Polres Kotawaringin Timur dibantu pihak lainnya, menjadi harapan masyarakat dalam mencegah hal-hal tidak diinginkan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Upaya ini juga harus didukung penuh oleh masyarakat dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat memicu permasalahan.

"Makanya saat rapat persiapan pilkada kemarin kami juga mengundang semua pihak, termasuk Polres karena kami ingin mendengar apa saja yang mungkin masih menjadi kendala sehingga bisa kita cari solusinya bersama-sama," tambah Agus.

Dalam pertemuan ini, Kapolres juga menyampaikan komitmen untuk terus memberantas narkoba. DPRD juga sangat mendukung langkah itu agar peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kotawaringin Timur bisa terus ditekan.

Agus berharap pertemuan tersebut dapat meningkatkan kekompakan sehingga terjalin kerjasama yang baik antar lembaga. Agus berharap pilkada berialan lancar, serta keamanan dan ketertiban masyarakat selalu terjaga 

Baca juga: Bawaslu Kotim laporkan tiga ASN ke KASN

Baca juga: DPRD Kotim dukung pilkada dengan protokol ketat pencegahan COVID-19