Mungkinkah anak bisa belajar berdiri tanpa bisa duduk dahulu?

id anak bisa belajar berdiri,anak belum bisa duduk,Mungkinkanh anak bisa belajar berdiri tanpa bisa duduk dahulu?

Mungkinkah anak bisa belajar berdiri tanpa bisa duduk dahulu?

Ilustrasi anak bisa berdiri sendiri (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan mengatakan perkembangan anak berlangsung dari bagian atas tubuhnya lalu ke bawah dan tidak akan terbalik.

Tetapi, mungkinkah dia langsung bisa belajar berdiri tanpa bisa duduk dahulu?

"Dari atas ke bawah dan ini arah perkembangan yang tidak akan terbalik. Artinya kalau anak belum bisa duduk tidak realistis untuk kita berharap anak langsung bisa berdiri dan jalan," ujar dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang pediatri sosial di RS Pondok Indah - Pondok Indah, Catharine Mayung Sambo dalam webinar, Rabu.

Dia mengatakan, panggul berada di bagian bawah tubuh. Anak harus mantap dulu bisa duduk baru dia akan belajar mencari pegangan untuk berdiri sendiri.

Baca juga: Agar anak suka dan terbiasa makan sayur, berikut tipsnya

Perkembangan lain misalnya kemampuan menunjuk sesuatu. Menurut Catharine, keterampilan ini biasanya terlihat saat anak berusia satu tahun dan setelah dia mampu memiringkan badannya ke kanan dan kiri lalu tengkurap secara bolak-balik.

"Biasanya dibahas dulu kemampuan anak mengangkat kepala misalnya kemudian dia bisa miring kiri dan kanan, tengkurap bolak-balik, memakai semua otot batang tubuh. Lama-lama kita bicara dia sudah bisa menjepit atau belum, menunjuk atau belum. Ini keterampilan yang akan terlihat sekitar usia satu tahun," kata dia.

"Ini pola arah perkembangan yang tak akan tertukar. Jadi, jika anak belum lancar tengkurap bolak-balik, kita tidak akan banyak tanya apakah dia bisa menunjuk atau belum," sambung Catharine.

Dia mengingatkan, kecepatan pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda. Orang tua hanya bisa memantau seberapa cepat proses dan kemajuannya berbasis panduan tumbuh kembang anak.

Baca juga: Tujuh tahun menikah, akhirnya Asmirandah hamil anak pertama

Baca juga: Ini tips memilih lokasi imunisasi anak saat COVID-19

Baca juga: Apakah anak yang punya genetik tubuh mungil bisa tumbuh tinggi?

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020