Rusia mulai memproduksi vaksin corona pada November

id vaksin corona,vaksin covid 19,Rusia mulai memproduksi vaksin corona pada November

Rusia mulai memproduksi vaksin corona pada November

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Petropavlovsk-Kamchatskiy (ANTARA) - Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Rusia, Vektor, berencana memulai produksi vaksin untuk penyakit COVID-19 pada November mendatang.

Kepada lembaga penyiaran negara, Rossiya 1, Direktur Jenderal Vektor Rinat Maksyutov mengatakan bahwa transisi bertahap, dari vaksinasi kelompok khusus dan berisiko, ke vaksinasi massal diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun ini dan awal 2021.

"Kami berharap untuk memulai produksi pada November tahun ini. Oleh karena itu, semakin dekat ke akhir tahun dan awal tahun berikutnya, kita dapat berbicara tentang transisi dari vaksinasi kelompok berisiko, paling tidak, ke vaksinasi massal," ujar Maksyutov dalam pidato televisi yang disiarkan Minggu (2/8).

Sehari sebelumnya, Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan bahwa pemerintah mengharapkan tahap pertama produksi vaksin akan dimulai pada Oktober. Ia juga menegaskan kembali bahwa vaksinasi akan disediakan secara gratis di Rusia.

Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova awal pekan ini mengatakan bahwa dua kandidat vaksin yang dikembangkan Rusia sedang berpacu menuju garis akhir, yaitu satu dari Institut Penelitian Gamaleya dan yang lainnya dari Vektor.


Sumber: OANA/Sputnik

Baca juga: Vaksin COVID-19 produksi Bio Farma siap didistribusikan

Baca juga: Vaksin rekombinan COVID-19 dengan metode spray dikembangkan LIPI

Baca juga: Target penyelesaian uji klinis vaksin corona