Bupati Kotim sudah siapkan calon Penjabat Sekda pengganti Halikinnor

id Bupati Kotim sudah siapkan calon Penjabat Sekda pengganti Halikinnor, pemkab Kotim, bupati Kotim, bupati Sampit, Supian Hadi, Sampit, Kotim, Kotawarin

Bupati Kotim sudah siapkan calon Penjabat Sekda pengganti Halikinnor

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur, Multazam saat memberi keterangan di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kamis (13/8/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah H Supian Hadi mengaku sudah menyiapkan nama pejabat yang dinilai layak menggantikan posisi Sekretaris Daerah Halikinnor.

"Nama pejabat yang akan dipilih sudah ada di tangan saya. Diseleksi dari tiga nama. Nanti diajukan nama kepada pemerintah provinsi, kemudian secepatnya," kata Supian di Sampit, Kamis.

Seperti diketahui, Halikinnor memutuskan maju sebagai calon Bupati Kotawaringin Timur dalam pemilu kepala daerah 9 Desember nanti. Dia sudah mendapatkan rekomendasi dari PDIP dan dipasangkan dengan Irawati sebagai calon wakil bupati.

Supian menjelaskan, jika nantinya Halikinnor ditetapkan sebagai calon bupati oleh Komisi Pemilihan Umum, otomatis posisi Sekretaris Daerah atau Sekda akan kosong karena Pak Halikinnor akan mengajukan pengunduran diri darinya jabatannya.

Supian memastikan akan ada pejabat yang ditunjuk sebagai Penjabat Sekda. Tidak mungkin jabatan Sekda dibiarkan kosong karena bupati tidak mungkin bekerja sendiri menjalankan roda pemerintahan tanpa dibantu seorang Sekda.

Apalagi, Wakil Bupati HM Taufiq Mukri juga sudah menyatakan keikutsertaannya bertarung sebagai calon bupati berpasangan dengan H Supriadi dalam pemilu kepala daerah sehingga nantinya juga harus mundur dari jabatannya. Ini menunjukkan bahwa Supian harus segera mempersiapkan pejabat pengganti jabatan Halikinnor.

Baca juga: Bentuk komunitas, seniman Kotim berharap bisa kembali bangkit

Menurut Supian, jabatan Sekda merupakan separuh dari jabatan politik. Arti Sekda tidak hanya mengurusi anggaran, tetapi juga merangkul semua orang karena dia harus memperhatikan secara keseluruhan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Seorang Sekda juga harus menjembatani komunikasi dengan lembaga legislatif dan lainnya. Untuk itulah pejabat yang diusulkan menjadi Penjabat Sekda adalah orang yang dinilai mampu menjalankan amanah berat jabatan tersebut.

"Orang yang saya lirik tersebut, saya lihat dia memiliki kemampuannya dalam memenuhi kriteria menjadi Penjabat Sekda itu memang sudah layak," demikian Supian Hadi.

Supian kembali menginformasikan bahwa semua akan dilakukan sesuai aturan. Jika sudah ada yang terpilih menjadi Pejabat Sekda, jalannya pemerintahan diharapkan lebih optimal.

Baca juga: DPRD Batola boyong dua Komisi ke DPRD Kotim

Baca juga: Masyarakat Kotim diimbau peduli membantu mencegah karhutla


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar