Pemkab Lamandau sediakan layanan kesehatan ODGJ

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik

Pemkab Lamandau sediakan layanan kesehatan ODGJ

Ilustrasi, Pasung (www.youtube.com) (Istimewa)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan Lamandau, Rosmawati belum lama ini di Nanga Bulik mengatakan, hal itu sebagai upaya pemerintah kabupaten menyukseskan Indonesia bebas pasung.

"Kami melalui bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, telah memprogramkan kegiatan kunjungan spesialis jiwa di Lamandau," terangnya.

Kunjungan tersebut telah digelar dengan berkeliling ke sejumlah desa yang ada pada 11 wilayah Puskesmas di wilayah setempat.

Dalam kunjungan itu ia menjabarkan, masih ditemukan dua ODGJ yang dipasung keluarganya, sehingga langsung dilakukan pelepasan.

Sekda Lamandau Irwansyah mengatakan, memperingati hari ulang tahun RI beberapa waktu lalu, pihaknya telah memerdekakan ODGJ dari pasungan dan dibawa untuk dilakukan perawatan.

"Kami harapkan dukungan semua pihak, yakni apabila ditemukannya ODGJ bisa disampaikan kepada petugas kesehatan di lapangan sehingga bisa diambil langkah-langkah untuk membantu menyelesaikannya," terangnya.