Pendaftar pertama, syarat pencalonan Suprianti-Arsyad dinyatakan lengkap

id Pendaftar pertama, syarat pencalonan Suprianti-Arsyad dinyatakan lengkap, pilkada Kotim, KPU Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pendaftar pertama, syarat pencalonan Suprianti-Arsyad dinyatakan lengkap

Pasangan Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad menerima berita acara hasil pemeriksaan syarat pencalonan dari Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih, Jumat (4/9/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Suprianti Rambat dan Muhammad Arsyad menjadi pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dan berkas pencalonannya dinyatakan lengkap dan sesuai aturan.

"Ini merupakan pendaftar pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU. Hasil pemeriksaan kami, pemenuhan keabsahan persyaratan pencalonan sudah sesuai sehingga kami menerima berkas persyaratan pencalonan pasangan Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad. Memang ada kekurangan beberapa syarat calon. Mohon segera dilengkapi, paling lambat 14 sampai 16 September. Harapan kami secepatnya diserahkan kepada kami," kata Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Jumat.

Pendaftaran dilaksanakan pada 4 sampai 6 September, sedangkan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada 4 sampai 11 September dan hasilnya disampaikan 12 September.

Pelaksanaan pendaftaran peserta pilkada dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Pasangan calon dan tim sukses yang masuk ke halaman dan aula kantor KPU Kotawaringin Timur, harus melalui pemeriksaan suhu tubuh dan jumlah pesertanya dibatasi.

Pemeriksaan berkas pasangan calon dilakukan oleh tim KPU disaksikan Badan Pengawas Pemilu Kotawaringin Timur. Ini merupakan tahap awal proses pemeriksaan karena nantinya dilanjutkan dengan verifikasi syarat calon dan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon.

"Setelah kegiatan ini, selanjutnya kami memberikan surat pengantar untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Murjani Sampit," kata Siti Fathonah.

Suprianti-Arsyad datang didampingi pengurus Partai Gerindra dan PKB dari tingkat provinsi dan kabupaten. Sebelum menyerahkan berkas, mereka diberikan kesempatan menyampaikan pidato singkat terkait pencalonan mereka.

Baca juga: PKB Kotim tegaskan totalitas menangkan Suprianti-Arsyad

"Ini pengalaman pertama bagi saya tapi kami sudah siap bersaing. Kami mohon bimbingan KPU kalau ada kekeliruan atau kekurangan. Kami berkomitmen penuh untuk mengikuti pilkada ini sesuai aturan," kata Suprianti.

Sementara itu Arsyad menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan Partai Gerindra dan PKB mengusung mereka dalam pilkada ini. Dia juga meminta doa restu seluruh untuk bersaing dalam pilkada yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

"Kami melangkahkan kaki maju dengan nawaitu lillahi ta'ala untuk mengabdikan diri membantu masyarakat dan membangun daerah ini. Mudah-mudahan dapat ridha dari Allah sehingga mendapat dukungan dari masyarakat," harap Arsyad.

Sementara itu, selain pasangan Suprianti-Muhammad Arsyad, ada dua pasangan lain yang menyampaikan akan didaftarkan hari ini yaitu Halikinnor-Irawati dan H Muhammad Rudini Darwan Ali-H Samsudin. Sementara itu pasangan HM Taufiq Mukri-H Suprianti dijadwalkan akan didaftarkan partainya ke KPU pada Sabtu (5/9).

Baca juga: DPRD Kotim imbau perusahaan cegah pencemaran sungai

Baca juga: Partai pengusung tegaskan solid perjuangkan kemenangan Rudini-Samsudin