Barsel targetkan indek demokrasi pada pilgub Kalteng capai 70,9 persen

id Kabupaten Barito Selatan,Barito Selatan, Kalimantan Tengah,Kalteng,Pilkada Kalteng,pilkada

Barsel targetkan indek demokrasi pada pilgub Kalteng capai 70,9 persen

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Barito Selatan, Edi Suharto. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Selatan, menargetkan indek demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, pada 9 Desember 2020 mampu mencapai 70, 9 persen.

"Indek demokrasi pada saat Pilkada tahun 2016 di kabupaten ini berada di angka 60 hingga 63 persen. Jadi, untuk Pilkada kali ini ditargetkan mencapai 70, 9 persen," kata kepala Kesbangpol Barito Selatan Edi Suharto di Buntok, Rabu.

Adapun upaya-upaya yang dilakukan pihaknya agar indek demokrasi itu bisa meningkat  mencapai target tersebut dengan bekerjasama dengan mitra kerja seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat, dan tokoh adat untuk menyosialisasikan kepada masyarakat.

Dia mengatakan hal itu bertujuan menyukseskan Pilkada Kalteng pada 2020. Termasuk meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja dalam memberikan solusi kepada masyarakat, sheingga pelaksanaan pemungutan suara nantinya protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik.

"Yang akan kami lakukan menggandeng mitra kerja ini supaya bersama-sama menyosialisasikan, baik protap kesehatan maupun tahapan-tahapan pilkada tahun 2020 ini," kata Edi.

Baca juga: Pemkab Barsel hibahkan lahan pembangunan Mako Polairud

Sekaligus juga menyampaikan kepada mereka terkait berhasil atau tidaknya pelaksanaan kegiatan ini juga dinilai dari kemampuan berdemokrasi dengan baik. Dengan harapan, adanya upaya-upaya yang dilakukan pihaknya itu, indek demokrasi bisa diatas 63 atau bisa mencapai sesuai target sebesar 70,9 persen.

Selain itu lanjut dia, Kesbangpol merupakan bagian dari Desk Pilkada yang merupakan wadah berkumpulnya semua elemen masyarakat, dan pemerintah daerah.

"Semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), TNI dan Polri serta Kejaksaan Negeri itu tergabung dalam desk pilkada, dan kita yang tergabung dalam desk pilkada itu nantinya juga turun kelapangan untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada Kalteng," kata dia.

Terkait kapan waktunya turun kelapangan, tergantung desk pilkada yang sekretariatnya berada di Setda Barito Selatan.

Baca juga: Pemkab Barsel defisit anggaran Rp83,3 miliar

Baca juga: TMMD 109 di Barito Timur bangun jalan di desa ini

Baca juga: Disiplin terapkan protokol kesehatan penting putus penularan COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar