WTP 5 kali berturut-turut, Barito Utara dapat penghargaan dari Kemenkeu

id wtp barito utara,lima kali berturut-turut,penghargaan kemenkeu

WTP 5 kali berturut-turut, Barito Utara dapat penghargaan dari Kemenkeu

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (Kedua kanan) bersama pejabat lainnya mengikuti rakernas akuntasi dan pelaporan keuangan pemerintah Tahun 2020 secara virtual bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati bersama kepala daerah lainnya dari rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Selasa (22/9/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara.

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI karena berhasil meraih atau mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)   dari  Badan Pemeriksa Keuangan RI  atas laporan keuangan  lima kali berturut-turut.

"Saya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar–besarnya kepada semua unsur dan pegawai di lingkup pemerintahan Kabupaten Barito Utara yang telah mempertahankan opini WTP," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah melalui Wakil Bupati Sugianto Panala Putra di rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Selasa.

Hal itu dikemukakan dia usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 secara virtual bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani  Indrawati  bersama kepala daerah lainnya di Tanah Air.
 
Tangkapan layar - Rakernas akuntasi dan pelaporan keuangan pemerintah Tahun 2020 secara virtual bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani  Indrawati bersama kepala daerah lainnya dari rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Selasa (22/9/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara.

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang sudah bersama-sama mempertahankan WTP 5 kali berturut-turut di tahun 2019 serta Barito Utara bisa masuk sebagai 189 kabupaten se-Indonesia, ini menjadi kebanggan untuk kita semua dan di tahun ini kembali bisa mempertahankan WTP yang ke-6 kali," kata dia.

Rakornas tersebut dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi serta mendorong optimalisasi penggunaan teknologi informasi di era adaptasi kebiasaan baru dengan tema "Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemi COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi nasional".

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani  Indrawati  membuka secara langsung rakernas  yang merupakan agenda tahunan Kementerian Keuangan diselenggarakan dalam rangka mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara secara berkelanjutan. 

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan pengelolaan keuangan negara menghadapi tantangan untuk dapat mensinergikan pengelolaan Keuangan Negara dengan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.