DPRD Palangka Raya ingatkan sektor pertanian harus dapat perhatian serius

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah,Palangka Raya, Kalimantan Tengah,DPRD Kota Palangka Raya,Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya,Nenie A

DPRD Palangka Raya ingatkan sektor pertanian harus dapat perhatian serius

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung mengingatkan sekaligus meminta agar pembangunan pada sektor pertanian di wilayah setempat sangatlah penting diperhatikan pemerintah.

"Sektor tersebut memiliki pengaruh cukup besar terhadap peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat," kata Nenie di Palangka Raya, Rabu.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Palangka Raya itu menuturkan, pertanian di wilayah Kota Palangka Raya saat ini dapat dikatakan sudah cukup baik, seperti halnya di Kelurahan Kalampangan dan sejumlah wilayah di Kecamatan Bukit Batu yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

"Hasil pertanian di dua daerah tersebut sudah cukup bagus, tetapi kalau bicara dampak besarnya untuk perekonomian tentu harus ditingkatkan lagi," ucapnya.

Srikandi di DPRD kota Palangka Raya itu mengungkapkan, bahwa pembangunan sektor pertanian tidak hanya mengenai seberapa banyak komoditas yang ditanam.

Salah satu yang perlu diperhatikan, yakni mengenai bantuan-bantuan dari pemerintah seperti pupuk dan obat hama untuk menunjang kegiatan pertanian.

"Dengan dukungan pemerintah, para petani merasa dibantu dalam melakukan penanaman hingga panen tanamannya. Semua ini dilakukan dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertanian," beber Nenie.

Ia menyebutkan, pasokan pangan berupa sayur-sayuran yang melimpah dan mencukupi, maka hanya mampu memenuhi permintaan pasar. Namun disatu sisi hal tersebut juga mampu menggerakan perekonomian petani secara perlahan tapi pasti.

"Tentu semua itu harus didukung dengan keseriusan pemerintah dalam melihat potensi pertanian tersebut. Oleh karena itu, kami juga mendorong agar sektor ini mendapat perhatian serius dalam pengembangannya," ungkapnya.

Baca juga: Legislator ingatkan pentingnya pelestarian cagar budaya di Palangka Raya

Di sisi lain, Nenie juga mendukung upaya pemkot yang saat ini tengah mempersiapkan ketahanan pangan daerah melalui program lumbung pangan. Hal tersebut dikatakannya penting guna memenuhi ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya selama masa pandemi COVID-19.

Dia mengatakan DPRD akan terus mendorong program pemerintah untuk mengembangkan sektor pertanian sebagai perwujudan ketahanan pangan.

"Terlebih 3 kecamatan yakni Kecamatan Bukit Batu, Rakumpit dan Kecamatan Sebangau yang dicanangkan pemerintah, karena memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan pertanian," demikian Nenie.

Baca juga: DPRD Palangka Raya anggap wajar PAD dari pariwisata tak sesuai target

Baca juga: Legislator harapkan TNI terus bekerja profesional

Baca juga: DPRD Kota Palangka Raya apresiasi kinerja polisi berantas narkoba