DPRD Kapuas apresiasi sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan

id DPRD Kapuas apresiasi sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan, Kapuas, pilkada kapuas

DPRD Kapuas apresiasi sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan

KPU Kabupaten Kapuas, saat sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020 di Kuala Kapuas, Selasa (13/10/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas  (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Bardiansyah, menyambut baik dan mengapresiasi sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020.

"Sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020, yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas ini, sangat tepat sekali dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata Bardiansyah, di Kuala Kapuas, Selasa.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, berharap sosialisasi dan pembentukan relawan ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada 9 Desember 2020.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya berdemokrasi serta memperkenalkan nilai-nilai dasar kepemiluan kepada masyarakat.

"Semoga pilkada serentak tahun 2020 ini, berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib. Mari kita sukseskan pilkada ini, dengan datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya untuk pembangunan daerah kedepan lebih baik lagi," ajak mantan Ketua KPU Kapuas ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Jamilah Maisura mengatakan, dasar pelaksanaan sosialisasi ini adalah PKPU Nomor 5 Tahun 2015 tentang sosialisasi dan partisipasi masyarakat pada pemilihan kepala daerah tahun 2020.

"Selain itu untuk menindaklanjuti surat KPU Provinsi Kalteng tentang petunjuk teknis pembentukan pelaksanaan relawan demokrasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020," katanya.

Tujuan dari sosialisasi ini, terang Jamilah, adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020.

"Salah satu tujuan lainnya dari kegiatan ini juga agar terbentuknya relawan demokrasi dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng tahun 2020," demikian Jamilah Maisura.

Baca juga: HKTI Kapuas diharapkan bantu peningkatan kesejahteraan petani

Baca juga: Seorang oknum PNS Kapuas diduga menipu bermodus pengangkatan tenaga honorer

Baca juga: Sugianto Sabran borong dagangan pedagang dan bagikan ke warga di Kapuas