DPRD Barito Utara terima kunjungan kerja DPRD HSU

id dprd barito utara,barut,dprd hsu,perbup protokol kesehatan

DPRD Barito Utara terima kunjungan kerja DPRD HSU

Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini didampingi Wakil Ketua I dan Ketua II DPRD menyerahkan plakat kepada Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara Mawardi serta didampingi Wakil Ketua II DPRD HSU Faturahim A di ruang rapat DPRD setempat di Muara Teweh, Rabu (21/10/2020).ANTARA/HO-PWI Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah,  menerima rombongan anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka studi banding terkait pembuatan rancangan peraturan daerah (Perda) penanganan COVID-19.
 

Wakil Ketua I DPRD HSU  Mawardi di Muara Teweh, Rabu menyampaikan bahwa DPRD HSU saat ini sedang tahap pembahasan pembuatan Perda. Karena rancangan tersebut sudah diserahkan pihak pemerintah daerah ke DPRD berkenaan dengan pedoman pelaksanaan hukum protokoler pencegahan COVID-19.

"Tujuan kami kunker ke DPRD Barito Utara, karena disini sudah diterapkan, meskipun berupa Peraturan Bupati (Perbup) tetapi dalam penerapan dan penanganannya di lapangan lebih efektif," katanya.

 
Dia menambahkan, untuk meningkatkan dari Perbup ke Perda dapat meningkatkan peran serta dan memberi kepastian hukum atas peningkatan peraturan ini, maka yang kita harapkan masyarakat dapat lebih patuh dan taat terhadap protokol kesehatan yang ada.

 
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini menyambut baik dan memberi apresiasi atas kunjungan kerja dari anggota DPRD Hulu Sungai Utara dalam rangka studi banding dari Perbup Nomor 39 Tahun 2020 tentang penegakan disiplin penanganan COVID-19.

"Dan yang lebih istimewa, karena mereka mau meningkatkan dari Perbup ke Perda. Sehingga hal ini menunjukan kemajuan yang nantinya bisa juga kita tiru dalam rangka memberi kepastian hukum terutama menyangkut penganggaran penanganan COVID-19 ini," ucap Hj Mery.

Mery Rukaini juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Barito Utara saat ini baru memiliki Perbup, sedangkan mereka justru meningkat ke Perda. Dan banyak hal yang dapat mereka adopsi dari Perbup tersebut.

"Sehingga ada kemungkinan Perbup yang ada saat ini bisa kita kembangkan menjadi Perda.  Mereka sangat mengapresiasi karena dengan adanya Perbup tersebut membuat masyarakat kita menjadi lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Mery Rukaini.