Hasil swab keluar, Plt Sekda Pulang Pisau dinyatakan negatif COVID-19

id Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, dr Muliyanto Budihardjo ,Sekda Kabupaten Pulang Pisau

Hasil swab keluar, Plt Sekda Pulang Pisau dinyatakan negatif COVID-19

Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, dr Muliyanto Budihardjo memastikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Saripudin tidak terpapar COVID-19 ,menyusul sebanyak tiga orang Aparatur Sipil Negara  di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) terkonfirmasi positif.

"Sehari-hari Plt Sekda adalah sebagai Kepala BKPP. Dari hasil dua kali swab dinyatakan negatif COVID-19," kata Muliyanto di Pulang Pisau, Senin.

Diketahui adanya ASN di lingkungan BKPP terpapar COVID-19 itu berawal dari adanya ASN yang ingin keluar kota untuk menjenguk istri yang sedang hamil di Kalimantan Barat. Tentunya, untuk antisipasi dilakukan tes cepat kepada ASN tersebut dan hasilnya reaktif, yang dilanjutkan dengan tes swab yang hasilnya diketahui positif terpapar COVID-19.

"Bisa dikatakan ASN di BKPP ini berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) karena memang tidak menunjukkan adanya gejala. Mungkin saja ASN ini terpapar dari luar daerah karena bolak-balik ke Kalimantan Barat untuk menjenguk istrinya yang sedang hamil," beber Muliyanto.

Dari hasil penelusuran atau tracking adanya ASN di BKPP yang terpapar COVID-19 ini yang pernah kontak erat, terang Muliyanto, ada sebanyak tujuh orang yang dilakukan tes swab. Hasilnya, dari sebanyak tujuh orang itu, tiga diantaranya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Bahkan dua kali aktivitas pelayanan di kantor BKPP ditutup sementara, akibat adanya ASN yang terpapar COVID-19 ini. Ketiganya sudah menjalani karantina untuk mendapatkan perawatan dan penyembuhan," kata Muliyanto.

Baca juga: Kementerian Perhubungan realisasikan sejumlah usulan Pemkab Pulang Pisau

Ketua Bidang Penanganan Satgas COVID-19 Salahudin juga mengungkapkan hal yang serupa. Menurutnya Plt Sekda Kabupaten Pulang Pisau yang juga Kepala BKPP telah menjalani tes swab sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif. Hal ini untuk menegaskan bahwa rumor ataupun isu bahwa Plt Sekda terpapar COVID-19 adalah tidak benar.

"Plt Sekda sudah menjalani dua kali tes swab. Tes pertama dilakukan Banjarmasin dan tes kedua di Pulang Pisau dan kedua hasil tes swab ini dinyatakan negatif terpapar COVID-19," demikian Salahudin 

Baca juga: Pengadilan Negeri Pulang Pisau peringkat ketiga penyerapan anggaran

Baca juga: Pastikan kebijakan presiden terwujud, Wantannas lakukan kajian di kawasan food estate

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar