Plt Gubernur cek kesiapan sarana pendukung 'food estate' di Kapuas

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, habih ismail bin yahya, pelabuhan batanjung, kapuas, pulpis, pulang pisau, food estate

Plt Gubernur cek kesiapan sarana pendukung 'food estate' di Kapuas

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya (dua dari kanan) tinjau Pelabuhan Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Sabtu, (7/11/2020). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya beserta jajaran, terus bekerja dan memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung 'food estate'.

Salah satunya yakni meninjau sekaligus mengecek Pelabuhan Batanjung yang berada di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas pada Sabtu (7/11/2020).

"Peninjauan kami lakukan untuk melihat kesiapan dan kondisi saat ini untuk pengaktifan pelabuhan nantinya," katanya.

Pihaknya akan mengusulkannya kepada Menteri Perhubungan RI, agar pelabuhan tersebut bisa dijadikan pelabuhan prioritas dalam mendukung pelaksanaan food estate di Kapuas-Pulang Pisau.

Sebelumnya diketahui bersama, Kementerian Perhubungan RI menyatakan kesiapan mendukung kelancaran arus distribusi logistik, untuk kawasan lumbung pangan nasional atau food estate di wilayah Kalimantan Tengah.

"Kami akan memberikan dukungan maksimal pada sektor transportasi udara, laut dan penyeberangan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ia berharap dapat tercipta integrasi yang baik dengan simpul-simpul produksi pertanian seperti di kawasan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, kawasan ini dapat menjadi lumbung pangan baru di luar Jawa, guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan yang telah diperingatkan oleh organisasi pangan dan pertanian yakni FAO, dikarenakan adanya pandemi COVID-19 dan musim yang tidak bisa diprediksi.

"Dukungan distribusi logistik yang dilakukan Kemenhub, yakni meningkatkan efisiensi biaya logistik dengan membangun dan mengelola kinerja pelabuhan," ungkapnya dalam siaran pers.

Kemudian pengembangan pelabuhan terpadu yang terintegrasi dengan kawasan industri, memberikan subsidi muatan kepada pengangkut logistik bahan pangan, serta membuka 28 rute jembatan udara untuk menjamin rantai pasok barang kebutuhan pokok dan barang penting.

Selain itu mendukung jaringan transportasi terhadap simpul Sub Terminal Agribisnis (STA) ke lokasi tujuan pemasaran, serta memberikan insentif pajak usaha jasa angkutan barang yang terdampak pandemi COVID-19.

Sementara itu dalam rangkaian kunjungannya ke Kapuas, Habib Ismail juga menghadiri peringatan Maulid Nabi di Masjid Bunga Tanjung, sekaligus menjalin silaturahmi bersama masyarakat setempat.