Bupati Gumas: Hari Pahlawan jadi momentum bersatu memutus mata rantai penyebaran COVID-19

id Bupati Gumas,gunung mas,hari pahlawan ,Bupati Gumas: Hari Pahlawan jadi momentum bersatu memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Bupati Gumas: Hari Pahlawan jadi momentum bersatu memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong (tengah) didampingi Wabup Gumas Efrensia L.P. Umbing (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas Esra (kanan) saat memberi keterangan kepada awak media di Kuala Kurun, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya Samaya Monong berharap Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November dapat menjadi momentum bagi masyarakat di kabupaten itu untuk bersatu, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Dengan semangat Hari Pahlawan, saya harap kita dapat bersatu untuk melawan atau memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ucap Jaya saat dibincangi awak media di Kuala Kurun, Selasa.

Menurut dia, dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 diperlukan kekompakan seluruh masyarakat, agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir.

Kemudian selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak fisik antara yang satu dengan lainnya, menghindari kontak fisik, menghindari kerumunan massa, dan lainnya.

Baca juga: Guru dari Gumas wakili Kalteng pada Pemilihan Guru Berprestasi Nasional

Dengan kedisiplinan seluruh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dia yakin mata rantai penyebaran virus yang pertama kali muncul di Negeri Tirai Bambu China tersebut dapat diputus.

Lebih lanjut, orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini juga mengajak masyarakat untuk melanjutkan perjuangan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

“Masyarakat hendaknya mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan turut berperan dan ambil bagian dalam upaya pembangunan di kabupaten ini, di segala bidang,” ajaknya.

Baca juga: DPRD Gumas ingin program PTSL gencar disosialisasikan

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membangkitkan jiwa kepahlawanan untuk memerangi COVID-19.

“Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, mari bangkitkan jiwa kepahlawanan dalam diri kita serta perkokoh persatuan dan kesatuan,” kata Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa.

Dengan potensi yang besar dan beragam, Ma’ruf yakin masyarakat Indonesia dapat bangkit dan menang melawan COVID-19.

“Percayalah akan besarnya potensi yang kita miliki untuk menang dan bangkit kembali, dan tanamkan selalu rasa saling peduli kepada sesama untuk negeri yang kita cintai,” tukasnya.

Baca juga: Legislator Gumas himbau pemotongan hewan ternak dilakukan di RPH

Baca juga: BST dari Pemkab Gumas mulai disalurkan kepada 4.798 KPM

Baca juga: DPRD Gunung Mas dorong pemkab gali sumber PAD baru