Pasien 71 tahun sembuh dari lumpuh otak dan COVID-19

id Kutahya,Pasien berusia 71 tahun sembuh covid,pasien covid19, Pasien 71 tahun sembuh dari lumpuh otak dan COVID-19,Karabiber

Pasien 71 tahun sembuh dari lumpuh otak dan COVID-19

Para pekerja terlihat di Masjid Biru di Istanbul, Turki, Selasa (26/5/2020). Kota terbesar di Turki, Istanbul, pada Selasa (26/5) kemaren melakukan desinfektan di sejumlah masjid untuk persiapan pembukaan kembali pada Jumat (29/5) sebagai bagian dari proses normalisasi pemerintah Turki di tengah melambatnya penyebaran pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Xinhua-Yasin Akgul/hp.

Kutahya (ANTARA) - Pasien berusia 71 tahun yang menderita lumpuh otak saat dirawat karena virus corona berhasil mengalahkan kondisinya berkat intervensi medis.

Ibrahm Karabiber yang berasal dari Provinsi Kutahya, Turki, didiagnosa COVID-19 dan berada di ICU ketika mulai merasakan lemas di bagian kirinya, yang disebabkan oleh penyumbatan arteri karotis. Kondisi itu diketahui setelah Karabiber dibawa ke ruang gawat darurat.

Dokter Mehmet Korkmaz dan Mustafa Cetiner menyebutkan bahwa Karabiber berisiko lumpuh, namun berhasil mengalahkan tantangan tersebut berkat pengobatan endovaskular dan tombektomi mekanik.

"COVID-19 meningkatkan risiko kelumpuhan hingga 5 - 6 persen," kata Korkmaz. "Kami harus merawat pasien seperti itu dalam waktu yang sangat singkat, dan mereka musti diberitahu bahwa waktu sangatlah penting. Semakin cepat kami datang, maka semakin tinggi pula peluang mereka untuk sembuh."

Pascapengobatan, Karabiber sembuh dari kelumpuhan sekaligus dinyatakan negatif COVID-19.

Lantaran sudah dapat berjalan dan kondisinya tetap stabil, Karabiber pun diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Asri Mayang Sari