Teras Narang: tanpa kesejahteraan guru, berat memajukan pendidikan

id Agustin Teras Narang, Teras Narang, Anggota DPD RI, Senator asal Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah,hari guru,hut guru,Kalteng

Teras Narang: tanpa kesejahteraan guru, berat memajukan pendidikan

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang. ANTARA/HO-Tim Teras Narang

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa tantangan guru di Indonesia untuk sekarang ini semakin tidak mudah, akibat dari pesatnya perkembangan pendidikan dan perubahan zaman yang begitu cepat.

Sekarang ini dunia sudah memasuki era industri 4.0 dan mulai mencanangkan 5.0 yang tak kalah hebat mengubah kehidupan sosial hingga pola pendidikan, kata Teras Narang melalui rilis di Palangka Raya, Rabu.

"Kemajuan dunia modern dan teknologi, serta lahirnya generasi yang memiliki cara pandang serta visi berbeda dari generasi sebelumnya, juga menjadi tantangan bagi para guru," ucapnya.

Selain itu, lanjut anggota DPD RI itu, bonus demografi hingga persaingan global yang semakin nyata turut menjadi bagian tak terpisahkan dari tantangan para guru. Ditambah lagi, sampai sekarang ini kesejahteraan guru di Indonesia pun belum sepenuhnya dapat direalisasikan.

Teras Narang mengaku sebagai seorang guru di dua perguruan tinggi di Jakarta, dirinya sudah merasakan betul berbagai tantangan tersebut. Terlebih, sekarang ini beragam tawaran terkait pendidikan, baik itu dari dalam maupun luar negeri, terus berdatangan.

"Sementara, infrastruktur pendidikan hingga kesejahteraan guru, khususnya guru honorer, masih jadi tantangan bersama. Jadi, menurut saya, tanpa kesejahteraan guru, berat memajukan pendidikan di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Teras Narang desak Pemda masukkan perhutanan sosial di rencana strategis

Gubernur Kalteng periode 2005-2010 dan 2010-2015 membenarkan, pemerintah saat ini tengah menyusun agenda peningkatan kesejahteraan guru dengan berbagai cara. Termasuk lewat pembukaan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga Program Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Tahun depan, agenda ini akan semakin didorong. Semoga di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya, agenda ini benar-benar hadir dengan kuota yang memadai," kata Teras Narang.

Memperingati Hari Guru, dirinya pun menyampaikan apresiasi atas peran para guru dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dirinya juga memberikan rasa hormat untuk dedikasi para guru, terlebih dalam mengupayakan pendidikan penuh tantangan di masa pandemi yang harus mengandalkan teknologi.

"Saya berharap pemerintah pusat dan daerah mampu berkolaborasi meningkatkan mutu pendidikan. Tapi, pertama-tama dengan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup para guru. Selamat Hari Guru," demikian Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang yakin Bawaslu Kalteng berani awasi dan tegakkan aturan Pilkada

Baca juga: Teras Narang minta ICDN ikut menjawab tantangan kekinian Suku Dayak

Baca juga: Teras Narang siap kawal pemerataan jaringan internet di Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar