54 orang ikuti uji kompetensi lelang jabatan Pemkab Barut

id uji kompetensi jabatan barut,lelang jabatan barito utara,bkpsdm barito utara,assesment center ulm

54 orang ikuti uji kompetensi lelang jabatan  Pemkab Barut

Peserta lelang jabatan Pemkab Barito Utara mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kamis (17/12/2020).ANTARA/HO-BKPSDM Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak  54 orang peserta  seleksi terbuka untuk mengisi 15 jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama eselon II b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti uji kompetensi atau assesmen  yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Uji kompetensi itu digelar hari ini hingga Jumat (18/12) esok yang diikuti seluruh peserta," kata Kepala Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Abdul Wahid di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, meski ada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang pendaftarnya kurang dari tiga orang, namun tetap digelar sesuai surat edaran  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi  secara terbuka dan kompetensi di lingkungan instansi pemerintah  dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat COVID-19.

Dalam surat itu disebutkan jika telah diperpanjang, kata dia, namun masih minim peserta, maka minimal dua pelamar setiap jabatan seleksi terbuka boleh dilaksanakan.

"Jadi  lelang jabatan tetap digelar  yang tahapannya mulai hari ini digelar, meski pesertanya  ada  sejumlah SKPD hanya dua orang.Aturan tersebut berlaku pada saat pandemi COVID-19 ini saja," katanya.

Wahid mengatakan, assesmen kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Assessment Centre di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan panitia seleksi  itu pada Kamis (17/12) dengan agenda kegiatan diantaranya tes psikometri, in tray exercise, problem analysis dan leaderless group discussion, kemudian Jumat dengan kegiatan wawancara BEI.
 
Peserta lelang jabatan Pemkab Barito Utara mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kamis (17/12/2020).ANTARA/HO-BKPSDM Barito Utara

Tahapan lelang jabatan ini selanjutnya dilakukan di Muara Teweh yakni rekam jejak, uji penulisan dan presentase makalah  yang dijadwalkan pada 20-21 Desember, pengumuman hasil assessment  dan uji makalah 21 Desember, wawancara akhir 22-23 Desember, pengumuman akhir 23 Desember dan  uji kesehatan 26 Desember. 

"Penyampaian hasil seleksi kepada Sekretaris Daerah untuk diteruskan ke Bupati Barito Utara selaku pejabat pembinan kepegawaian (PPK) pada 28 Desember dan laporan pelaksanaan seleksi terbuka ke KASN 30 Desember 2020," jelas dia. 

Dia menjelaskan, Pemkab Barito Utara  melaksanakan seleksi terbuka untuk mengisi 15 jabatan yang lowong  meliputi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Kepala Dinas Pertanian  serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Baca juga: Pemkab Barito Utara perpanjang waktu pendaftaran lelang jabatan

"Saat ini kelimabelas jabatan tersebut status pejabatnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt)," jelas Wahid yang juga menjabat Kabid Pembinaan, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Barito Utara ini.

Ia menyatakan, seleksi terbuka ini sesuai sesuai Peraturan Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, 

"Disamping itu Surat Rekomendasi Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-3863/KASN/11/2020, tanggal 30 November 2020 perihal Rekomendasi Rencana  Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara," ujar Abdul Wahid.

Baca juga: Pemkab Barito Utara lelang 15 jabatan tinggi pratama