Pemkab Barito Utara turunkan tim bantu korban banjir Kalsel

id tim relawan barito utara,bpbd barut,banjir kalsel

Pemkab Barito Utara turunkan tim bantu korban banjir Kalsel

Tim relawan darurat banjir sebelum keberangkatan ke Kalsel foto bersama dengan Plt Kadis Sosial,PMD Barito Utara Eveready Noor, Kepala BPBD Gazali dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo dan Plt Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM setempat Mastur di Kantor BPBD setempat di Muara Teweh, Sabtu malam (16/1/2021).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurunkan tim relawan darurat banjir yang terdiri dari gabunan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu korban banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

"Tim relawan direncanakan membantu warga korban banjir di wilayah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel," kata Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara Gazali disela-sela pemberangkatan tim di Muara Teweh, Sabtu malam.

Keberangkatan tim relawan beranggotakan 22 orang personel itu pada Sabtu malam dipimpin  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor dan Kepala BPBD setempat Gazali. 

Peralatan yang dibawa untuk membantu korban banjir di Kalsel tersebut antara lain Truk Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Tagana, truk tangki berkapasitas 4.000 liter, mobil mekanik, perahu lipat, mesin generator (genset), mesin pemadam portable, field bed, tenda pengungsi, mobil patroli,ambulans dan peralatan penunjang lainnya.

"Atas perintah pak Bupati Nadalsyah, tim misi kemanusian  berangkat malam ini ke Kalsel untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah," katanya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat Rizali Hadi menambahkan rencananya tim I  akan melakukan bantuan di tiga lokasi, tapi bisa berubah melihati situasi di lokasi.

"Kalau masih memerlukan bantuan akan dikirim tim lagi dari  Muara Teweh untuk pergantian atau aplusan personel," kata Rizali.

Diketahui banjir melanda berbagai daerah di wilayah Kalimantan Selatan, mulai dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Tanah Laut dan lainnya.